#AyoMudikKeBakara

Redaksi KETIK mengajak kamu berbagi kisah perjalanan mudik serumu! Ayo upload foto mudikmu di media sosialmu dengan #ayomudikkenamakota. Dengan berbagi, diharapkan dapat meningkatkan wisatawan ke kotamu dan rasa cinta tinggal di Indonesia. Ayo buruan click and share! Seperti salah satu kisah ini:

Lebaran merupakan pilihan tepat untuk berkumpul bersama seluruh keluarga untuk menjalin silaturahmi. Biasanya masyarakat lebih memilih pergi ke kampung halaman untuk merayakan hari Lebaran. Nah, seperti di Bakara, nama sebuah wilayah di pinggiran barat daya Danau Toba, dekat Muara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara merupakan salah satu wilayah yang menjadi pilihan untuk mudik. Meski mayoritas masyarakat di wilayah ini menganut agama Kristen, ada juga yang menganut agama parmalim (agama awal terbentuknya adat di Bakara). Namun, toleransi antar umat beragama di sana patut dicontoh. Hal itu ditandai dengan adanya tradisi tahunan saat Lebaran, yaitu salam-salaman dari satu rumah ke rumah lainnya lalu makan opor bersama.

Bakara merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja XII. Selain itu, Bakara merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masih asri karena di sana tidak ada pabrik, mal atau supermarket. Namun, tak perlu khawatir karena di sana banyak ditemukan restoran-restoran yang menyajikan makanan yang patut untuk dicoba, salah satunya Restoran Tipang Mas. Restoran ini paling dicari dan diminati karena pengunjung dapat merasakan sensasi makanan yang lezat dengan melihat pemandangan Danau Toba yang indah.

Oh iya, ada makanan yang cukup terkenal dan bisa ditemukan di Bakara namanya Misop. Makanan tersebut semacam soto, tetapi berbahan dasar daging kerbau dan kuah yg khas dengan telur bebek rebus. Misop paling enak ditemani dengan cendol khas Bakara. Selain kuliner, di sana ada banyak tempat wisata yang harus kita kunjungi jika kita berada di Bakara. Wah, apa saja ya kira-kira?

Pemandangan dari Restran Tipang Mas

Pemandangan dari Restoran Tipang Mas

Istana Sisingamanganraja

Istana Sisingamangaraja yang dirawat warga setempat

#AyoMudikKeBakara

Tiomas Esterlita Hutabarat on Instagram #AyoMudikKeBakara

Setelah mengulas sedikit tentang Bakara, ada yang tak ketinggalan untuk kita bahas yaitu tempat-tempat wisata yang harus kita kunjungi jika berada di Bakara. Nah, selain itu ada cerita-cerita yang menarik di balik tempat wisata di Bakara tersebut. Seperti Air Terjun Janji yang konon katanya bagi siapa yang mandi di sana akan cepat mendapat teman hidup yang dapat menepati janji.

Air Terjun Janji

Ini dia pemandangan Air Terjun Janji

Ada juga tempat wisata lainnya, yaitu Aek Sipangolu (Air Kehidupan). Konon, jika seseorang terkena jenis penyakit apa pun, apabila orang tersebut berendam atau meminum air dari Aek Sipangolu maka ia akan sembuh. Aek Sipangolu adalah sumber air yang keluar dari batu dan mengalir sepanjang masa─airnya segar dan jernih dan bermuara di Danau Toba.

Aek Sipangolu

Cerita dibalik Aek Sipangolu seperti yang tertera di papan

Masyarakat di wilayah Bakara ini juga terkenal akan keramahannya, bertetangga sejauh apa pun tetap terasa seperti bersaudara dan di sana juga kental akan gotong royong antar warganya. Mayoritas pekerjaan warga di sana, yaitu petani dan nelayan. Bakara juga terkenal akan rempah-rempahnya, seperti bawang merah yang merupakan komoditas utama penduduk daerah ini, di samping padi dan kacang tanah. Oleh-oleh yang bisa kita temukan di sana, seperti bumbu masakan (bawang, andaliman, dll), ada juga ikan-ikan segar yang bisa kita bawa pulang, dan buah mangga khas Bakara yang kecil, tidak ada batunya tapi manisnya luar biasa bahkan sampai kulitnya pun dapat dimakan.

Jika ingin berkunjung ke Bakara, kita dapat menginap di hotel yang berada di Dolok Sanggul. Perjalanan dari Dolok Sanggul ke Bakara hanya memakan waktu 1-2 jam saja. Tentu akan menyenangkan jika dapat mudik ke Bakara, bukan?

 

Sumber foto : Tiomas Esterlita Hutabarat

Narasumber : Tiomas Esterlita Hutabarat

Jurnalis : Bianca R. Delima

Editor: Minawati Nur Kustika