Melancong Ke Manado

Majalahketik.com Manado terletak di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Kota ini memiliki 408.354 penduduk pada sensus 2010, menjadikannya kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Manado sering kali disebut dengan Menado. Kota ini adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Manado memiliki jumlah penduduk sejumlah 430.790 jiwa (berdasarkan Januari 2014).

Jika anda melalukan perjalanan mudik ke Manado,  mata Anda akan dimanjakan dengan pantai yang ada di sana. Wajar saja karena Manado merupakan kota pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Selain itu, keindahan Manado semakin lengkap dengan adanya pegunungan dan perbukitan yang mengeliling kota tersebut.

Baca juga : Keindahan Tembagapura Yang Wajib Kamu Ketahui

Kota ini memiliki berbagai tradisi, salah satunya adalah tradisi Maramba. “Upacara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang punya rumah baru,” ucap Fibriani Nathalia, wanita berumur 18 tahun, keturunan Manado.

Nathali juga menjelaskan bahwa Manado memiliki berbagai makanan khas seperti bubur manado, ayam rica-rica, ayam isi buluh, ayam tuturuga, cakalang fufu, dan rica rodo. “Rica rodo itu isinya ada terong, jagung manis, dan kacang panjang,” jelas Nathali tentang salah satu makanan khas kota asalnya tersebut.

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Manado adalah Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini terletak di Segitiga Terumbu Karang. Taman Nasional Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.