KETIK Raih Peringkat 2 di Kompetisi Majalah Kampus

Majalahketik.com—Majalah KETIK berhasil mendapat peringkat kedua dalam Kompetisi Majalah Kampus (KMK) yang diadakan PoliMedia Jakarta pada 10-12 November 2016 lalu. Kompetisi itu diikuti oleh 10 Politeknik dari seluruh Indonesia. Kampus yang mengikuti kompetisi majalah ini diantaranya adalah Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Banjarmasin,  Politeknik Negeri Lampung, Poltek Kemenkes Jogjakarta dan lain-lain.

Peringkat pertama diraih oleh Majalah Gema (Politeknik Negeri Jakarta) dengan skor akhir 235,12. Sementara itu Majalah KETIK yang juga sebagai tuan rumah dari penyelenggaran acara KMK pertama ini harus puas dengan skor tipis  234,1. Peringkat ketiga diraih oleh majalah MATA KAMPUS dari Politeknik Harapan Tegal dengan skor akhir 208,77.

Baca juga: Mahasiswi Desain Mode Raih Top 3 di Jakarta Fashion Week 2017

Ada tiga hal yang menjadi penilaian para juri, yaitu dari segi pernaskahan, foto dan desain. Majalah KETIK lebih unggul pada bidang desain jika dibandingkan dengan kampus lainnya. Sementara PNJ unggul pada bidang konten dan foto. Dari segi pernaskahan, yang menjadi pertimbangan penilaian adalah dari aspek mekanik, substantif dan isi berita. Segi foto, yang menjadi pertimbangan adalah kesesuaian foto dengan isi berita dan teknis foto yang meliputi komposisi, dan lain-lain. Sementara dari segi desain, meliputi desain sampul majalah, ilustrasi, typografi dan desain  isi.

Kompetisi Majalah Kampus (KMK) ini juga mengadakan pelatihan jurnalistik selama tiga hari di Wisma PoliMedia Jakarta yang dihadiri oleh 18 peserta dari Politeknik seluruh Indonesia. KMK sendiri adalah kali pertama diadakan di PoliMedia yang diketuai oleh Nova Darmanto, S.sos. Selanjutnya,  KMK tahun 2017 juga akan diadakan kembali di PoliMedia dengan harapan KETIK dapat menjadi peringkat pertama pada tahun depan.

Oleh: Vika Widya Alfianti

Foto : Vika Widya Alfianti

Editor : Muhammad Syahid