Akuntansi Peduli, Sebar Kepedulian Terhadap Sesama

majalahketik.com Akuntansi Peduli 2017 atau lebih dikenal dengan “Apel 2017” merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta yang bertemakan “Tumbuhkan Rasa Kepedulian dan Cinta Kasih Terhadap Sesama” telah sukses digelar. Acara ini terdiri dari 5 konten, yaitu donor darah, khitanan massal, pengobatan gratis, bakti sosial, dan go green dengan sasaran utamanya masyarakat umum, khususnya wilayah Beji dan sekitarnya.

Do Care, Do Apel adalah slogan acara konten ke-5 dari Akuntansi Peduli yaitu go green yang sukses digelar pada Sabtu, 14 Januari 2017 di Stadion Merpati, Depok. Acara ini diikuti oleh 17 Taman Kanak-kanak se-kota Depok, Jawa Barat dengan jumlah peserta 500 orang. Tujuan acara ini supaya anak-anak lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Walaupun hujan turun cukup deras, hal ini tidak melunturkan semangat murid TK untuk mengikuti rangkaian acara sampai selesai. “Mungkin dari anak umur segini yang dibilang pas untuk diajarin gimana sih caranya menanam pohon yang baik,” ujar Rieska Arumningtyas, Ketua Pelaksana Apel 2017.

Fildza dari TKQ - Assaiddiyah Depok 1

Fildza dari TKQ – Assaiddiyah Depok

Sebelum menuju ke puncak acara, yaitu memindahkan tanaman ke dalam pot gelas plastik, ada beberapa rangkaian acara seperti senam bersama, bermain games, dan penyampaian materi tentang membedakan sampah organik dan anorganik oleh Komunitas Pecinta Lingkungan, Earthour Indonesia, Depok. Ada juga kegiatan Hand Screen yaitu menempelkan telapak tangan ke dalam cat yang telat disediakan, lalu ditempelkan lagi ke kain putih panjang.

Kegiatan Handscreen 1

Kegiatan Handscreen

Baca juga: Kecil-Kecil Jago Silat

Sebelumnya ada 4 konten yang telah diadakan oleh Akuntansi Peduli. Konten pertama yaitu donor darah yang dilaksanakan pada 22 Desember 2016, kemudian di Politeknik Negeri Jakarta yang bekerja sama dengan PMI Depok. Sasaran utama acara ini adalah Mahasiswa PNJ dengan jumlah 200 pendaftar. Tercatat 74 kantong darah yang lolos.Salah satu mahasiswa PNJ yang mendonorkan darah

Salah satu mahasiswa PNJ yang mendonorkan darah

Konten kedua yaitu khitanan massal, acara ini diadakan di Beji Pladen, Depok pada 24 Desember lalu. Khitanan massal ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok. Tercatat 24 anak yang dikhitan, mulai dari anak kelas 2-4 SD.

Peserta khitanan massal sedang menunggu giliranSalah satu peserta khitanan massal

 

 

 

 

 

 

Peserta khitanan massal sedang menunggu giliran                                          Salah satu peserta khitanan massal

Masih di lokasi yang sama, konten ketiga dari Akuntansi Peduli yaitu pengobatan gratis yang digelar pada 11 Januari 2017. Acara ini masih bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok. Sasaran utama acara ini adalah masyarakat sekitar, terutama lansia. Di pengobatan gratis ini, masyarakat dapat mengecek kolesterol dan gula darah secara gratis. Acara ini diikuti oleh 100 orang pendaftar.

Suasana saat pengobatan gratis

Suasana saat pengobatan gratis

Konten terakhir yaitu bakti sosial yang dilaksanakan pada 12 Januari 2017 silam. Bantuan berupa sembako ini diberikan untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Beji Pladen, Depok. Ada 250 orang yang berpartisipasi, 150 orang diberikan kupon door to door, dan sisanya non-kupon (dibagikan sendiri).

Salah satu rangkaian acara bakti sosial

Salah satu rangkaian acara bakti sosial, yaitu penyuluhan dari Dinas Kesehatan Kota Depok

Suasana saat pembagian sembako

Suasana saat pembagian sembako

“Harapannya yang pasti semoga Apel kedepannya lebih baik dan tetap dapat membantu masyarakat sekitar yang membutuhkan,” tutup Rieska.

 

Jurnalis            : Tyhan Ladarizka Dewanti

Fotografer       : Josephine Priscilla dan Dokumentasi Akuntansi Peduli 2017

Editor              : Dimas Adi
anto