Depok Berpartisipasi dalam Earth Hour 60+

Peringati Earth Hour 60+, Walikota Depok beserta jajarannya ikut berpartisipasi dan menyambut baik dengan mengeluarkan surat edaran berupa ajakan bagi masyarakat untuk ikut andil dalam kegiatan tersebut dengan ‘padamkan lampu’.

Depok, majalahketik.comMalam tadi, Sabtu (25/03) telah dilaksanakan event Earth Hour 60+ di Taman Lembah Gurame, Sawangan, Depok. Partisipasi Earth Hour dilakukan dengan mematikan lampu-lampu penerangan serempak di seluruh Indonesia selama satu jam, mulai pukul 20.30—21.30. Lebih dari 100 orang hadir dalam acara tersebut.

IMG-20170326-WA0002

Wali Kota Depok Bapak Idris Abdul Shomad saat mengisi petisi acara Earth Hours 2017 yang diselenggarakan di taman Lembah Gurame (25/3/2017)

Uniknya, dalam kegiatan tersebut, saat mematikan lampu, akan ada 1 lampu yang tetap menyala membentuk angka 60+ yang melambangkan bahwa Depok ikut berpartisipasi dalam Depok Padam. Tidak ada kesulitan berarti dalam melaksanakan kegiatan tersebut karena telah didukung oleh dinas-dinas terkait, seperti Dinas Kebersihan Kota Depok, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kominfo.

Baca juga: Berakhirnya Olimpiade Politeknik 2017: Gerbang Menuju Porseni

“Tema dari kegiatan ini sama dengan tema dunia yaitu Shine A Light on Climate Action-from Moment to Movement,ujar Rivaldi Andriansyah, selaku Koordinator Pelaksana. Rivaldi juga mengatakan bahwa penyelenggaraan ini bekerja sama dengan Abang-Mpok Depok Duta Lingkungan Hidup yang sudah sering bersinegrsi bersama.

Acara Earth Hour 60+ disambut hangat oleh Walikota Depok Dr. KH. M. Idris, MA. yang sudah menyempatkan hadir dalam acara tersebut. “Earth Hour 60+ ini dikemas oleh anak-anak yang kreatif sehingga terlihat menarik dan bisa mengundang orang untuk melakukan anjuran-anjuran sederhana yang kita buat,” ujar walikota Depok saat diwawancarai.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini lebih meriah walau tanpa lampu penerangan. “Saya kan ikut juga di tahun lalu ya, bener-bener beda banget. Kalau tahun lalu lampunya benar-benar padam sehingga gelap dan sepi. Tapi kalau tahun ini masih ada musiknya juga,” ujar Mahesa, Ketua Infinite Crew.

Masyarakat diharapkan lebih peduli dan ikut dalam aksi semacam ini, mengingat bahwa Acara Earth Hour 60+ tersebut sudah dilakukan sembilan kali di Indonesia ini. Selain menghemat energi, kita juga membantu untuk merawat bumi yang menjadi sumber kehidupan saat ini. Ayo, rawat bumi untuk masa depan!

 

Jurnalis: Vika Widya Alfianti

Fotografer: Muhammad Ridwan Al Halim

Editor: Findi Daraningtyas