48 Jam Buat Film Animasi 3D di Asiagraph Reallusion Award 2017

Majalahketik.com -Dua belas mahasiswa / i Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia) program studi Desain Grafis konsentrasi Animasi, berhasil representasi Polusi dalam ajang kualifikasi Perlombaan Asiagraph Reallusion Award 2017 di Universitas Tarumanegara. Pihak penyelenggara perlombaan tersebut merupakan perusahaan perangkat lunak ternama dari Silicon Valey, Amerika Serikat melalui Reallusion. Perlombaan yang isinya pesertanya membuat film animasi tiga dimensi berdurasi 3-5 menit dengan tema Persatuan dalam Keanekaragaman dalam waktu 48 jam ini, mulai sejak pukul 10.00 pagi pada 8 Mei 2017. Perlombaan ini berakhir pada tanggal 10 Mei 2017.

RAE Widiargo selaku dosen Animasi sedang membimbing mahasiswa dalam penyelesaian video animasi yang sedang dibuat. (2)

RAE Widiargo selaku dosen Animasi sedang membimbing mahasiswa dalam penyelesaian video animasi yang sedang dibuat.

Sebelumnya, ada tujuh tim dari PoliMedia yang turut andil dalam babak pra-kualifikasi. Namun, hanya 4 tim yang lolos ke babak kualifikasi ini. Empat tim yang bersangkutan adalah mahasiswa / i PoliMedia prodi Desain Grafis konsentrasi Animasi semester 4 dan semester 6. Setiap tim yang ikut dalam babak kualifikasi ini akan mendapatkan hadiah hadiah 20 juta rupiah dan bagi tim yang lolos, akan mengikuti perlombaan selanjutnya di Taiwan.

Baca juga: Pelepasan Peserta NPEO 2017

Membuat sebuah film animasi tiga dimensi berdurasi 3-5 menit dalam waktu sesingkat itu merupakan sebuah pengalaman baru bagi para peserta perwakilan PoliMedia yang terdiri dari empat tim ini. Sebelumnya, mereka tidak pernah bisa membuat film animasi dengan waktu sesingkat itu. Terlebih ini adalah animasi tiga dimensi yang pengerjaannya lebih kompleks dibandingkan animasi dua dimensi.

RAE Widiargo selaku dosen Animasi sedang membimbing mahasiswa dalam penyelesaian video animasi yang sedang dibuat.

RAE Widiargo selaku dosen Animasi sedang membimbing mahasiswa dalam penyelesaian video animasi yang sedang dibuat.

“Empat puluh delapan jam bikin animasi itu, sesuatu yang kita gak pernah kepikiran. Kita mau bikin TA (tugas akhir) aja musim, “kata Prita Dinda, salah satu peserta yang merupakan mahasiswi prodi Desain Grafis konsentrasi Animasi PoliMedia.

Peserta lomba yang terdiri dari 3 orang di masing-masing tim ini, harus pandai-pandai membagi waktunya agar bisa menyelesaikan tantangan tersebut. Seperti yang dikatakan oleh salah satu peserta dari salah satu tim perwakilan PoliMedia yaitu Rifa Rosyadiah Budhianti. “Empat puluh delapan jam itu waktu lombanya, jadi kita harus bisa bagi-bagi waktu buat makan, buat tidur. Mau gak tidur juga ya, gak apa-apa, “ujar Rifa.

Salah satu kelompoki dari Prodi Animasi semester 6.

Salah satu kelompok dari Prodi Animasi semester 6.

Mereka menyadari setiap detiknya mereka selama dua hari berlangsungnya perlombaan menjadi sangat berharga. Para peserta tidak hanya dituntut untuk dapat membuat konten dengan visual yang menarik. Namun, peserta juga dituntut untuk dapat mengelola waktu dan kerja sama tim dengan baik. Banyak banyak dari peserta yang rela untuk tidak tidur karena takut dengan tugasnya yang tidak bisa tepat waktu. Kalau pun mereka tidur, biasanya karena tertidur saat sedang mengerjakan tugas tersebut.

 

Jurnalis: Suci Cahyani

Editor: Findi Daraningtyas

Fotografer: Josephine Priscilla