Nomina Choir PoliMedia Ikuti Ajang Internasional

Majalahketik.com – Politeknik Negeri Media Kreatif kembali dibanggakan dengan prestasi non-akademik yang telah diraih oleh UKM Nomina Choir PoliMedia. Lewat kompetisi Penabur Internasional Choir Festival, Nomina memenangkan medali silver dengan kategori Mixed Youth Choir. Rangkaian acara festival dimulai sejak tanggal 4 – 9 September 2017, dan Nomina sendiri memiliki jadwal penampilan pada tangggal 4 September yang bertempat di Penabur International Kelapa Gading.

Nomina Choir 2

Setelah hampir 5 tahun berdiri, Nomina kembali mengikuti kompetisi paduan suara dengan skala internasional yang juga diikuti oleh hampir 100 peserta. Begitu panjang proses yang harus dijalani Nomina untuk menjadi salah satu peserta, seperti halnya Adnan yang merupakan ketua Nomina harus registrasi ke Bandung. Setelah melakukan registrasi, Nomina harus melalui tahap seleksi melalui pengiriman audio.

Sekitar 7 bulan, dimulai sejak awal Mei 2017, Nomina sudah memulai rangkaian pelatihan, mulai dari latihan suara, teknik vocal dan pelafalan lirik. Pada kompetisi kali ini Nomina harus menjalani proses perizinan composer untuk menyanyikan dua lagu di antaranya O Magnum Mysterium Composed by Javier dan Janger yang merupakan lagu asal Bali, arranged by Gicelia Dias P.

Baca juga: Berbagi Pertolongn Bersama Blood Care

Sementara untuk acara puncak yaitu Awarding Ceremony jatuh pada tanggal 9 September


, pada acara ini lah penetapan pemenang dari setiap kategori. Selain dari pengumuman pemenang pada acara awarding ceremony setiap choir berkesempatan untuk melihat hasil penilaian para juri. “Jadi lewat festival ini, anak-anak Nomina bukan cuma dapet sekedar penghargaan aja, tapi bisa belajar dari penilaian yang juri kasih,” tambah Adnan.

Juri yang hadir pun bukan hanya orang-orang yang sekadar tahu tentang musik saja, karena festival ini pun bertingkat internasional sehingga beberapa juri pun didatangkan dari para musisi internasional. Meskipun memiliki banyak pesaing dan juri yang berpengalaman, semua itu tidak membuat Nomina gentar. Mereka tetap mengusahakan yang terbaik untuk memberikan hasil yang terbaik. “Pesaing terberat sih dari Telkom University. Karena mereka persiapannya matang banget,” ujar Gunawan Bayu, anggota Nomina Choir.

Banyak hal yang telah dipersiapkan untuk mengikuti festival ini. Kerja keras dan doa tak luput dalam usaha ini. “Kita itu mahasiswa yang adalah ujung tombak dari kampus, kita yang mewujudkan visi PoliMedia menjadi politeknik yang unggul dalam industri kreatif, dan musik adalah salah satunya,” tutur Adnan. Harapan juga turut disampaikan Ardeliana sebagai anggota Nomina Choir yang mengikuti ajang tersebut, ia berharap di kompetisi selanjutnya bisa mendapatkan gold champion.

Jurnalis: Emeralda Saodor

Editor: Indi Vidyafi