Animator UMN & IKJ Tampilkan Film Animasi di MANOHARA

Majalahketik.com – Jumat, 15 September 2017 telah berlangsung acara MANOHARA (Mari Nonton Tugas Akhir Mahasiswa Animasi Rame-Rame) dari Prodi Animasi PoliMedia. Acara tersebut menampilkan karya film animasi dari tugas akhir mahasiswa Prodi Animasi PoliMedia. Ada 15 film yang diputar, yaitu AVA2, Bonnie, Mankind, Erie, Leo, Forest of Slavity, Mime, Red Apple, Roomate, Stuck, Super Drunk, Sweet, Urgent, Zap, The Plant, The Kindred. Acara MANOHARA dihadiri oleh 200 orang dari berbagai prodi di PoliMedia.

_MG_07201

Salah satu film animasi yang diputar di acara MANOHARA

MANOHARA sebenarnya merupakan acara tahunan dari Prodi Animasi, tetapi di 2017 ini pertama kalinya Prodi Animasi membuka secara umum acara MANOHARA. Prodi Animasi PoliMedia mengundang Animator dari UMN dan IKJ yang juga menampilkan beberapa karya film animasinya dalam acara MANOHARA. Salah satu judul film animasi dari UMN, yaitu Fishing Days, sedangkan dari IKJ berjudul Alpha Centauri. Kehadiran animator dari UMN dan IKJ di acara MANOHARA membuat Animasi PoliMedia berharap agar dapat menjalin silaturahmi antar animator di Jakarta serta mempublikasikan tugas akhir yang dikerjakan oleh Animasi PoliMedia.

Animasi IKJ mempunyai motivasi tersendiri dalam pembuatan film animasi, yaitu mengerjakan dari hati dan pengalaman pribadi. Satu pesan yang dapat diambil dari animator IKJ, yaitu jangan memikirkan bagaimana membuatnya, jangan memikirkan bagaimana prosesnya, tetapi pikirkan bagaimana dan apa yang akan kita hasilkan.

Lain halnya dengan Animasi IKJ, Animasi UMN membuat film animasi dengan berusaha menuangkan ide-idenya, dan mencoba membuat cerita yang sederhana. Ada pesan yang dapat diambil dari film Animasi karya animator UMN, yaitu segala sesuatu bisa terselesaikan dengan keadaan.

Baca juga: Nomina Choir PoliMedia Ikuti Ajang 

Harapan para Animator untuk film animasi yang dibuatnya agar lebih maju, lebih kreatif, tetap menunjukan ciri khas budaya Indonesia, dan tidak mengurangi nilai-nilai kehidupan yang disampaikan dalam film animasi yang diproduksinya, serta tidak melupakan pentingnya peran suatu pembimbing dalam proses pembuatan film animasi tersebut.

Jurnalis: Yolana

Editor: Shara

Fotografer: Iis Aisah