Program Permata Beri Pengalaman Belajar ke Pulau Seberang

Majalahketik.com – Dua Mahasiswa PoliMedia dari Program Studi Teknik Kemasan semester 3, yaitu Evita Aulia Pungki dan Fathia Nur Rahima terpilih untuk mengikuti Program Permata (Pertukaran Pelajar Mahasiswa untuk Perguruan Tinggi) ke Politeknik Negeri Samarinda. Program Permata adalah salah satu program Kemenristekdikti untuk beberapa politeknik yang memiliki keilmuan serumpun.

PoliMedia sudah mengirim mahasiswanya untuk Program Permata selama tiga tahun belakangan. Tahun ini, mahasiswa Prodi Teknik Kemasan dikirim untuk mengikuti proses pembelajaran di Politeknik Negeri Samarinda Prodi Desain Produk. Mahasiswa yang dapat mengikuti program ini adalah mahasiswa terpilih dengan kelakuan baik, IP di atas 3.00, dan juga telah diizinkan oleh orang tua. Fasilitas yang didapat mahasiswa untuk program ini, antara lain tiket PP yang dijamin oleh Kemenristekdikti, penginapan/indekos, dan uang bulanan sejumlah 600 – 650 ribu Rupiah/bulan. Terkait sistem penilaian pada program ini ialah mahasiswa mendapat marksheet yang dikeluarkan oleh kampus tempat belajar dan marksheet tersebut juga berlaku di kampus asal dengan melakukan penyesuaian.

Baca juga: Nomina Choir PoliMedia Ikuti Ajang Internasional

“Ini adalah salah satu program pemerintah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa, yang pertama adalah untuk punya pengalaman, yang kedua kemungkinan akan ada pengembangan program-program studi yang lain yang memiliki keilmuan yang serumpun. Harapannya agar program studi di  PoliMedia akan lebih leluasa.” Ucap Nurjalih, S.Pd. selaku Kepala Jurusan Teknik Kemasan Grafika.

 

1506264685294

 

Evita Aulia Pungki yang akrab disapa Vita mengaku belum mengalami kesulitan yang berarti ketika beradaptasi dengan lingkungan baru di Politeknik Negeri Samarinda. Ia masih dalam penyesuaian dengan mata kuliah dan tugas-tugas yang ia dapatkan di sana. Walaupun saat terpilih sebagai perwakilan ia sempat takut, gugup, tetapi juga penasaran karena benar-benar tidak tahu bagaimana suasana di Samarinda. Namun, ketika sudah sampai di sana, Vita merasa sangat senang. “Teman-teman di sini friendly banget!” Kata Vita. Selain itu, sebagai orang baru di lingkungannya, ia tidak merasa asing karena teman-teman di Politeknik Negeri Samarinda sangat terbuka dan menerima kedatangan Vita dan Fathia. Selain lingkungan yang terbuka, Vita juga dibuat kagum oleh gedung Prodi Desain Produk yang memiliki desain unik, mulai dari lorong kelas yang colorfull sampai barang-barang unik yang dipajang dan bermanfaat untuk mahasiswa Prodi Desain Produk. Melalui program ini, Vita berharap bisa mendapatkan banyak ilmu dan bisa membagikannya dengan teman-teman di PoliMedia serta bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya agar menjadi lebih baik kedepannya. Ia juga berpesan, “Jangan takut buat perubahan. Hidup itu berjalan, begerak. Bertemu orang-orang baru itu perlu agar kebahagiaan tidak berhenti berotasi.”

Sama halnya dengan Rizqi Rachmadana, mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda yang terpilih untuk mengikuti Program Permata ke PoliMedia ini juga harus melakukan adaptasi dengan lingkungan barunya. Untungnya, Rizqi tak mengalami kesulitan ketika ia harus beradaptasi di lingkungan PoliMedia. Ia mengaku senang bisa mendapat kesempatan pertukaran mahasiswa ke PoliMedia walaupun ada sedikit perbedaan dengan kampus asalnya. “Kalau di Polnes, paling lama jam 8 malam kampus sudah sepi, tapi kalau di sini banyak mahasiswa malam-malam masih di kampus.” Ucap Rizqi. Ia berharap program ini kedepannya menjadi lebih teroganisir.

 

 

Jurnalis: Silvianiati dan Josephine Priscilla

Editor: Shara Nurachma