Pemotongan Anggaran Berimbas Pada Pemotongan Beasiswa PPA

majalahketik.com-Adanya efesiensi anggaran yang dilakukan pemerintah, berdampak pada beasiswa PPA tahun ini yang hanya dapat terbayarkan selama 9 bulan. Padahal seharusnya dibayarkan dengan total waktu 12 bulan. Hal tersebut diketahui melalui surat edaran dari Dikti yang diberikan kepada wakil direktur III.

“Oh iya, terkait PPA emang ada efisiensi anggaran dari Dikti yang seharusnya 12 bulan hanya menjadi 9 bulan, dan surat tersebut memang dari Dikti,” ucap Vanya, Anggota Divisi Pendidikan BEM.

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) sendiri merupakan beasiswa yang ditujukkan untuk mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik yang berasal dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI) dan sudah ada sejak 2012. Besaran beasiswa PPA yang diberikan kepada masing-masing mahasiswa sebesar Rp 400.000,-/ bulan dengan pencairan setiap enam bulan yang dibagi menjadi dua periode; Periode pertama pada bulan Januari–Juni dan periode kedua pada bulan Juli—Desember.

Baca juga: Peran Ormawa dalam Pemilihan Direktur PoliMedia

Wakil Direktur III PoliMedia, Bapak Drs. Mukhyidin Djaiz M.Si menjelaskan, dalam pertengahan anggaran perjalanan tahun 2017 ada kebijakan dari Presiden, Joko Widodo. Melalui menteri keuangan, beliau menjelaskan bahwa anggaran Dikti dikurangi kurang lebih 40-50%. Pengurangan-pengurangan tersebut di luar beasiswa, Bidikmisi dan beasiswa ADik (Afirmasi Pendidikan Tinggi) yang tidak terkena kecuali PPA. Maka dari itu, PPA tidak cukup untuk pembiayaan 12 bulan dan hanya 9 bulan akibat terkena pengurangan anggaran tersebut.

“Penjelasan dari Pak Dirjen, bahwa hampir 2 triliun dipotong, tapi untuk apa pemberitahuan potongan itu tidak jelas. Katanya, untuk pembangunan jalan tol, jembatan, pelabuhan, atau jalan-jalan di daerah terpencil seperti Papua karena katanya pembiayaan kurang, maka ambil dari anggaran-anggaran kemudian dikurangi,” jelas Pak Djaiz.

Mengenai hal tersebut, tampaknya mahasiswa penerima beasiswa PPA tahun ini harus dapat menelan kepahitan dengan adanya pemotongan beasiswa tersebut. “Setelah tahu ada pemotongan beasiswa, ya lumayan kecewa banget sih. Karena uangnya sebagian dipakai buat bayar semester, sebagian buat keperluan pribadi. Ya sudahlah, mau bagaimana lagi, disyukuri aja yang penting masih dapet,” ujar Shella Agustina, Mahasiswi Broadcast semester 3.

“Kalo aku, setelah tahu pemotongan biaya untuk alokasi ke Papua, aku sih fine-fine aja secara tidak langsung beramal juga sih, tapi sangat disayangkan juga dipotongnya langsung tiga bulan gitu, padahal kebutuhan juga lagi banyak-banyaknya,” ucap Gita, Mahasiswi Fotografi.

 

Jurnalis: Reza Aprinia

Editor: Findi Daraningtyas