Pengajuan Keterlambatan Uang Kuliah

MajalahKetik.com – Orang tua mahasiswa hadir di kampus PoliMedia dan mendatangi kantor Bagian Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama (BAKPK) pada Rabu, 28 Februari 2018. Mereka datang setelah sehari sebelumnya mendapat informasi bagi orang tua untuk mendatangi kampus dan menemui Kepala BAKPK Heni Suprihatin. Orang tua yang mendatangi kantor BAKPK tersebut merupakan orang tua dari mahasiswa yang belum melakukan pembayaran uang kuliah/ her-registrasi sampai batas akhir pembayaran yang telah ditentukan, yaitu pada 28 Februari 2018.

Dalam pertemuan tersebut, terjadi perbincangan untuk meminta pengertian dari pihak kampus supaya kembali diberikan tenggat waktu dalam membayar uang kuliah. Solusi yang diberikan BAKPK adalah orang tua diberikan kesempatan dengan batas akhir untuk melakukan pembayaran uang kuliah paling lambat pada 12 Maret 2018. Adapun bukti dari kesepakatan antara orang tua mahasiswa dan Kepala BAKPK berupa sebuah Surat Pernyataan.

Surat Pernyataan tersebut berisikan nama, NIP, pangkat dan jabatan dari Kepala BAKPK PoliMedia yaitu Heni Suprihatin yang juga disertai data diri mahasiswa yang belum melakukan pembayaran uang kuliah. Dalam surat pernyataan juga disebutkan bahwa orang tua mahasiswa membayar uang kuliah semester genap tahun akademik 2017-2018, paling lambat 12 Maret 2018.

Baca juga: Ormawa PoliMedia 2018 Aktif Berkontribusi dan Bersinergi Bersama

Namun kasus berbeda dialami oleh beberapa orang tua mahasiswa. Salah satunya yaitu orang tua mahasiwa yang baru saja pensiun dari pekerjaannya dan belum mendapatkan dana pensiun dari perusahaan, sehingga belum dapat melakukan pembayaran uang kuliah untuk anaknya. “Sekarang saya baru pensiun, sementara dana pensiun cair pada bulan Maret. Jadi, tadi dapat keringanan untuk melakukan pembayaran pada akhir bulan Maret 2018.” Ujar Ahmad Muhidin, salah satu orang tua yang mendapat keterlambatan khusus dikarenakan baru saja pensiun dari pekerjaannya.

Dalam surat pernyataan pun tertulis “Jika dalam waktu yang telah ditentukan saya tidak melakukan pembayaran, bersedia untuk menerima sanksi yaitu akan dicutikan/Drop Out (DO) pada Semester Genap Tahun Akademik 2017-2018.” Yang artinya, bagi mahasiswa yang belum melakukan pembayaran uang kuliah sampai batas akhir pembayaran yang tertera dalam Surat Pernyataan, mahasiswa tersebut akan dicutikan atau DO dari PoliMedia pada semester genap tahun akademik 2017-2018.

Isi dari surat pernyataan di akhiri dengan tanda tangan dari Kepala BAKPK dan tanda tangan dari orang tua mahasiswa yang namanya tertera dalam surat pernyataan dan diperkuat dengan menyertakan sebuah materai 6000 dalam kolom tanda tangan dari orangtua mahasiswa.

 

KETIK