Cara Asyik Mengenal Street Photography

MajalahKETIK.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi Fotografi mengadakan Seminar Fotografi dengan tema “Street Photography” di Aula Gedung B Politeknik Negeri Media Kreatif. Seminar yang diadakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 ini, dihadiri peserta yang hampir memenuhi seluruh kursi yang disediakan. Seminar tersebut menghadirkan Dita Alangkara dan Beawiharta selaku pembicara, mereka berdua telah lama berkecimpung di dunia fotografi. Masing-masing pembicara menyampaikan materi yang berbeda untuk disampaikan kepada peserta Seminar Fotografi. Dita Alangkara menyampaikan materi tentang jenis-jenis Street Photography, sedangkan Beawiharta menyampaikan materi tentang teori dasar fotografi kepada peserta seminar.

Pemberian materi street photography oleh dita Alangkara
Pemberian Kenang-kenangan Kepada Bea Wiharta dari Ketua Hima Fotografi

Baca juga: NPEO 2018: PoliMedia Raih Juara 1 News Casting!

Ternyata Seminar Fotografi ini tidak hanya dihadiri kalangan mahasiswa, ada pula peserta seminar yang datang dari luar Jakarta. “Saya ikut seminar ini untuk lebih mendalami tentang Street Photography, karena dari kecil saya suka diajak Ayah saya untuk memotret,” ungkap Rafi Adityo, peserta dari Bogor yang datang bersama teman-temannya dari SMK Anisa.

 

Sepanjang jalannya seminar, peserta fokus terhadap materi yang disampaikan oleh kedua pembicara. Para pembicara menyampaikan materinya dengan asyik dan sesekali bercanda dengan peserta agar suasana tidak terlalu serius. Beawiharta, yang juga bekerja di kantor berita Reuters menyampaikan beberapa hal, “Yang saya berikan tadi kan hanya sebatas teori dan pengalaman. Dalam memotret itu sendiri yang paling penting adalah praktiknya, seorang fotografer harus belajar dari kesalahan sebelumnya untuk memotret berikutnya. Yang harus diingat bahwa Fotografi itu merupakan ilmu terapan, pesan saya adalah kalian harus sering-sering memotret, dan belajar dari kesalahan”.

“Seru sih, yang dateng banyak, semoga yang saya sampaikan bisa menambah referensi untuk temen-temen yang suka motret,” ujar Dita, “Karena fotografi itu, apa yang kita hasilkan berasal dari referensi yang kita dapat”. Selama seminar, peserta diberikan beragam materi baik dari dasarnya hingga contoh-contoh sebagai referensi mereka, berikut sesi tanya-jawab di jeda materi. Sebelum akhir acara, panitia memberikan penghargaan bagi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Huntbar atau Hunting Bareng yang lebih dulu diadakan sebelumnya. Seminar Fotografi ditutup dengan foto bersama peserta, panitia, dan pembicara. Kemudian peserta yang pulang setelah Seminar Fotografi dapat mengambil sertifikat di tempat registrasi di pintu masuk Aula Polimedia.

Jurnalis : M. Rafi Hanif

Editor    : Dimas Adianto

Fotografi: Harits dan Gilang