ARA 2018: The Flexi Plane Goes To Taiwan

ARA (Asiagraph Reallision Award) adalah serangkaian acara dari Film Animasi Tarumanegara Festival 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara pada 23-25 Mei 2018. Mahasiswa dari Program Studi Animasi PoliMedia berhasil lolos ke babak final mewakili Indonesia di ajang kompetisi ARA 2018 yang akan dilaksanakan di Taiwan pada 15-17 Agustus 2018. ARA merupakan ajang kompetisi membuat short animation berdurasi 3-5 menit selama 48 jam non-stop, menggunakan software i-clone, yang diselenggarakan oleh Reallusion dan bekerjasama dengan PT. Teknologika, Bekraf, Yayasan Tarumanegara, dsb.

Pada kompetisi ARA 2018 ada tiga babak yang akan dihadapi oleh para perserta yaitu  pra-kualifikasi, Indonesia local around, dan final Asia Pacific. Babak pertama yaitu pra-kualifikasi, PoliMedia mengirim lima tim animator untuk tahap penyeleksian. Tim  The Flexi Plane (Akbar Onisty Wijaya, M. Waladun Sabiq, dan Raden Givari Al Farisi) dan tim Try Inspire (Soni Rizky Hidayat, Yusuf Ardiansyah, dan Jeson Theo Pilus Moris) berhasil lolos ke babak Indonesia local around.

Baca juga : http://majalahketik.com/blog/2018/05/17/donor-darah-polimedia-2018/

Kompetisi ini diikuti oleh perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Jepang, Cina, Filiphina, Amerika, Singapura, dan Korea. Setiap perguruan tinggi maksimal mengirimkan dua tim, kecuali tuan rumah (tiga tim) dan setiap timnya beranggotakan tiga orang. Di Indonesia sendiri,  ada 13 perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi ini.

 

Mahasiswa Prodi Animasi yang Mewakili Indonesia dalam Kompetisi ARA 2018
Mahasiswa Prodi Animasi yang Mewakili Indonesia dalam Kompetisi ARA 2018

PoliMedia telah memasuki tahun kedua dalam mengikuti ajang kompetisi Asiagraph . Ajang ini mulai diselenggarakan pada tahun 2014 oleh Universitas Tarumanegara.  Tim The Flaxi Plane dari PoliMedia berhasil lolos ke babak Asia Pasific bersama dengan tim dari Universitas Tarumanegara.yang akan mewakili Indonesia di Taiwan dalam ajang kompetisi ARA 2018.

“Alhamdulillah berkat rahmat Allah, tim kita (The Flexiplane) prodi Animasi bisa mewakilkan PoliMedia dan Indonesia ke kancah Internasional, ga lepas di balik film kami ada sosok Bapak R.AE Widiargo yang selalu setia membimbing tim kami. Bahkan selama pelatihan asesor, beliau tetap bisa nge-guide tim PoliMedia. Harapan kedepannya semoga kita bisa kembali berjaya di final nanti, doain ya gaesss. Kesan yang masih berasa sampe sekarang yaitu ketika sebelum nama The Flexi Plane muncul di layar, soalnya Waladun sama Givari (tim gue) pada sholawatan hahaha..” Ujar Akbar dari tim The Flexi Plane.

 

Penulis: Putri Disa

Editor: Hana Afifah

Photo by : Animasi