Milenial Road Safety Festival 2019: Upaya Kesadaran Patuh Berkendara

Majalahketik.com – Kamis (21/03/19) Milenial Road Safety Festival (MRSF) 2019 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Polisi Daerah  (Polda) di seluruh Provinsi Se-Indonesia dan kali ini diadakan di kota Jakarta. Acara ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan tertib berlalu lintas. Ada sekitar 5.000 pengendara roda dua  dan gabungan dari Komunitas Bikers se-Jakarta turut meramaikan touring MRSF yang dipusatkan di Polda Metro Jaya – GBK Senayan, selanjutnya mendeklarasikan Road to safety menuju zero accident upaya memberikan kesadaran agar patuh berkendara (16/03).

(Jakarta) Penghargaan rekor MURI diberikan kepada Irjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono M,Si (kapolda metro jaya) atas pemberian helm terbanyak kepada komunitas motor di acara Millenial Road Safety Festival. Parkir Timur GBK, Senaya, Jakarta. (16/03/2019)

 

Dirlantas Polda Metro Jaya memberikan helm sebanyak 5.555   untuk pengendara dan komunitas motor yang hadir. Acara yang digelar MRSF ini meraih penghargaan dari rekor MURI sebagai pembagian helm terbanyak. Tak hanya itu, MRSF juga mengadakan door prize yang berhadiahkan 7 motor, 10 sepeda, 100 kartu Brizzi, serta perpanjangan 100 SIM gratis untuk bikers yang berulang tahun di bulan maret serta coffee break gratis.

“Karena kami memiliki data bahwa korban kecelakaan lalu lintas di usia milenial pada tahun 2018 mencapai 59% sebagai korban dan 66%  merupakan pelaku, data tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017. Sehingga berdasarkan data itu, kita mencoba memberikan kampanye keselamatn serta memberikan edukasi kepada kaum-kaum milenial dengan berbagai upaya, salah satunya adanya acara ini (touring lintas milenial) “ Ujar Faris Siregar – Komisaris surat izin mengemudi Dirlantas Polda Metro Jaya.

“Harapan nya sih supaya bikers-bikers yang negatif menjadi positif dan menjadi contoh pada bikers yang lain untuk membantu meningkatkan keamanan di jalan raya “ Aspar Sanjaya – Ketua Komunitas Bikers Indonesia (kombin).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berpartisipasi dalam acara touring Millenial Road Safety Festival dengan membawa motor BMW. Senayan, Jakarta (16/03/2019)
Grup band Varsity juga ikut mengisi hiburan musik di sela-sela acara Millenial Road Safety Festival di parkir timur GBK, Senayan, Jakarta. (16/03/2019)

 

MRSF akan melaksanakan acara puncak di monumen nasional (monas) pada tanggal 31 maret mendatang dengan acara yang meriah serta bintang tamu yang lebih banyak. Rencananya kegiatan MRFS ini akan dirutinkan sebagai agenda nasional.

Tertib berkendara lebih tepatnya adalah dengan cara mentaati peraturan lalu lintas di jalan dengan menerapkan Tri Siap.

  1. Siap diri (sikap secara fisik kondisi dalam keadaan sehat dan jika sakit dianjurkan untuk tidak berkendara).
  2. Siap kendaraan (sebelum berpergian memeriksa kendaraan dengan cara memastikan kondisi bensin, kondisi ban dan memastikan kendaraan dalam keadaan prima untuk siap berkendara).
  3. Siap mentaati peraturan lalu lintas (meliputi marka, rambu lalu lintas, traffic light serta mematuhi petugas yang bertugas).

 

Jurnalis            : Yuni puspita dewi

Fotografer       : Haikal

Editor              : Destri Rahayu Anggraeni