Fakta Tentang Donor Darah 2019 di PoliMedia

Majalahketik.com (08/04/19) — KSR PMI Unit PoliMedia kembali mengadakan acara donor darah pada 2 Mei 2019. Acara ini dilaksanakan di Hall PoliMedia. Berikut fakta-fakta tentang Donor Darah 2019:

  1. Jumlah pendaftar donor darah meningkat dari tahun sebelumnya.
PMI telah menerima kantung darah dari para pendonor yang telah berhasil mendonorkan darahnya sebanyak 50 kantung. Hall Polimedia, Jakarta Selatan. (02/05/2019)

KSR PMI Unit PoliMedia untuk ke-3 kalinya mengadakan acara donor darah. Setiap tahun juga terjadi peningkatan untuk jumlah para pendonor. Tahun ini pendaftar donor darah mencapai kurang lebih 150 orang dan yang berhasil mendonorkan darahnya berjumlah kurang lebih 50 orang.

 

  1. Apakah para pendonor antusias dengan doorprize yang diberikan?
Pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya akan mendapatkan doorprize berupa flashdisk 16GB yang langsung diberikan oleh Yayasan Kesetiakawanan dan Sosial Jakarta. Hall Polimedia, Jakarta Selatan. (02/05/2019)

Doorprize merupakan hal yang menarik minat para pendonor darah di kampus PoliMedia. Mahasiswa PoliMedia antusias dengan doorprize yang diberikan untuk setiap orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Apasih doorprizenya? Kali ini doorprize yang diberikan adalah flashdisk bermerk “sandisk” 16 gb untuk 100 orang pendonor pertama. “Dengan adanya doorprize ini sangat menarik minat para mahasiswa untuk ikut mendonorkan darahnya.” Ujar Rara Aisyah salah satu panitia acara.

 

  1. Doorprize sebenarnya berasal darimana sih?

Pada kali ini doorprize yang diberikan kepada para pendonor berasal dari “Yayasan YKDK”. Yayasan ini telah menjadi sponsor dalam acara-acara donor darah yang biasanya diadakan di berbagai kampus Indonesia maupun luar kampus. . Dana yang yayasan kita miliki berasal dari para donatur, donatur kita biasanya adalah perusahan-perusahaan.  “Selalu kita berikan flashdisk untuk para pendonor. Tapi dalam artian kita bukan menghargai darah mereka, ini sebagai apresiasi untuk mereka yang telah membantu kepada sesama.” Kata Mastur salah satu anggota yayasan YKDK.

 

  1. Alasan para mahasiswa ingin mendonorkan darahnya.
Ekspresi salah satu pendonor darah saat disuntik oleh relawan PMI untuk pengambilan darah. Hall Polimedia, Jakarta Selatan. (02/05/2019)

Faktanya banyak yang mendorong mahasiswa PoliMedia untuk mendonorkan darahnya, mulai dari niat untuk berbagi kepada sesama, mendapatkan flashdisk, ataupun untuk mengetahui golongan darah yang ia miliki.

“kan kalau cek golongan darah bayar, jadi mending sekalian donor darah terus tau deh golongan darahnya, hehe.” Ujar salah satu mahasiswa yang mendonorkan darahnya.

Namun ada juga yang memang niat untuk berbagi kepada sesama. “ini pertama kalinya, gatau juga kalo bakal dapet flashdisk, emang niat mau mendonorkan darah aja sih.” Jelas Muhammad Raka mahasiswa penerbitan 2D.

 

  1. Alasan donor darah diadakan dalam waktu singkat.

Masih banyak mahasiswa yang ingin mendonorkan darahnya namun tidak bisa karena sudah ditutup registnya. “Kita hanya menyiapkan 100 formulir untuk calon pendonor darah. Karena kita juga harus mempertimbangkan berapa lama untuk darah mereka yang kita ambil dan kita bawa ke Sukabumi. Takut dalam perjalanan lama, untuk mencegah kadaluarsanya darah yang diambil pertama.” Ujar Agis salah satu petugas PMI Sukabumi.

 

Jurnalis    : Putri Disa Kiftiani

Editor       : Eka Kurnia Chandra Dewi

Fotografer : Haikal Mulki