Foto Sederhana dengan hasil paripurna ala workshop Portraiture Photography

Majalahketik.com(06/04/19) – Himpunan Mahasiswa Fotografi mengadakan workshop yang bertema Portraiture Photography yang dilaksanakan di Aula Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta pada pukul 13.00-17.30 WIB. Acara ini  menghadirkan pembicara  W.S Pramono seorang profesional fotografer yang sudah menggeluti fotografi komersil selama 13 tahun. Jika pada tahun lalu, seminar dan hunting bareng (Hunbar) dilaksanakan pada waktu dan tempat yang berbeda, kali ini dua kegiatan tersebut digabung menjadi workshop yang meliputi kegiatan seminar penyampaian materi, Tanya jawab dan hunting bareng. Peserta  yang hadir dibatasi hanya berjumlah  20 orang.

“emang sengaja dibatesin, soalnya kita bikin acara workshop ini lebih ke kelas private gitu, itu semua dari umum, kita emang lebih ngefokusin buat orang luar” jelas Devina Maranti (Panitia acara).

Suasana acara Workshop Potraiture Photography saat pembicara yaitu WS Pramono sedang memberikan materi. Aula Polimedia, Jakarta Selatan. (04/05/2019)

Pembawaan materi yang disampaikan santai namun berkesan mengenai foto portrait berkaitan dengan karakter seseorang yang akan di foto, mulai dari menentukan angle, ekspresi serta gaya objek.  Trik yang digunakan hanya dengan memberikan arahan sederhana kepada orang yang akan di foto dengan cara memejamkan mata,dan setelah hitungan kedua orang yang akan di foto dapat menoleh kamera, cara ini sudah ia lakukan bertahun-tahun dan dirasa sangat efektif dalam Portraiture Photography.

 “seminar tadi itu bermanfaat bagi saya, berguna banget bagi saya, sepertinya ya saya gak sabar mempraktekkan dan mengaplikasikan ilmu yang saya dapat tadi” ungkap Arfi (40 tahun) salah satu peserta

Dipenghunjung acara, seluruh partisipan menuju rooftop tower polimedia untuk melakukan sesi Hunting bareng dan panitia menyediakan kamera bagi peserta yang tidak membawa kamera, tersedia juga flash, reflector dll.  Acara ini juga berkolaborasi dengan program studi desain mode untuk kostum yang dipakai oleh 3 model cantik yang siap di foto.

Para peserta berkesempatan melakukan praktek foto langsung dengan WS Pramono dalam sesi Hunting Bareng di rooftop tower Polimedia. Polimedia Jakarta. (04/05/2019)

Setelah hunbar, semuanya kembali ke aula untuk bincang-bincang mengenai hasil foto para peserta,  lalu hasil foto mereka satu persatu di lihat dan dikomentari oleh pembicara, terlebih hasil foto mereka tersebut nantinya akan di lombakan dengan beberapa kriteria salah satunya mengupload hasil foto tersebut ke Instagram dengan menggunakan beberapa hastag dan akan diumumkan pemenang nya pada tanggal 18 mei 2019

“ terus belajar, dan yang paling penting, kalo udah motret, tentukan arahnya mau kemana. Kalau sudah merasa semua difoto, baru carilah yang sesuai dengan passion-nya, kalo suka landscape yaudah, jadilah fotografer landscape yang bener, kalau suka modelling jadilah fotogrfer fashion yag bener, dengan begitu rasa percaya diri akan timbul. Kalau masih motret semuanya, tidak ada passion yang di pilih, agak susah timbul percaya diri” tutur W.S Pramono selaku pembicara.

 

Junalis        : Yuni Pusita Dewi

Fotografer : Haikal Mulki

Editor        :  Destri Rahayu A.