7 Kegiatan Positif yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Waktu Berbuka

Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan oleh umat Islam, karena di bulan yang penuh berkah ini umat Islam berlomba-lomba untuk mencari Pahala. Puasa bukan sekedar menahan lapar dan menahan hawa nafsu, tapi puasa juga mengajarkan kita untuk berbuat baik kepada sesama manusia.

Rasa lapar dan haus seringkali datang disaat jam-jam sore menuju waktu berbuka, dengan cuaca yang terik tentunya kita akan merasa lebih cepat letih dan mengantuk. Walaupun tidur pada saat bulan puasa terhitung pahala, tapi bukan berarti selama puasa kita menghabiskan waktu untuk tidur, karena puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan apalagi menjadi penghalang dalam melakukan aktivitas. Beberapa kegiatan positif ini bisa kamu coba agar puasa kamu lebih menyenangkan, simak yuk!

Sumber Gambar: http://www.nu.or.id/post/read/88599/tanggapan-mahfud-md-soal-capres-harus-bisa-baca-al-quran

 

  1. Tadarus Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan kesempatan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Di bulan ini kita akan berlomba-lomba untuk meng-Khatam-kan Al-Quran. Hal ini sangat baik bahkan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca Al-Quran setiap selesai sholat Fardhu dan menuju waktu berbuka tentunya kita akan bisa meng-Khatam-kan Al-Quran.

Sumber Gambar : https://blog.directresults.com/radio-everyones-favorite-way-discover-new-music/
  1. Mendengarkan Kultum

Kegiatan positif lainnya adalah mendengarkan kultum. Biasanya di bulan Ramadhan sebelum waktu berbuka,  televisi atau radio akan menyiarkan kultum, dan ini adalah salah satu hal baik, karena kita akan mendapatkan banyak ilmu agama melalui kultum yang kita tonton atau kultum yang kita dengarkan.

Sumber Gambar : http://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/12/14/sudah-benarkah-cara-kita-memasak-jangan-lakukan-kesalahan-ini-masakan-bisa-beracun
  1. Memasak untuk waktu berbuka

Memasak adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa memasak untuk berbuka puasa nanti seperti membuat gorengan, es campur, kue, dan makanan besar lainnya. Eits tapi hati-hati ya jangan sampai karena perut keroncongan dan melihat berbagai macam makanan, kamu jadi ingin mencicipinya, tahan hawa nafsu ya!

Sumber Gambar : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/10-aktivitas-rumah-tangga-yang-membakar-banyak-kalori/

 

  1. Beres-Beres Rumah

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Daripada bingung mau melakukan apa karena waktu berbuka masih lama, ada baiknya kita beres-beres rumah dulu. Mendekor ulang ruangan agar menjadi lebih fresh dan terlihat lebih rapih bisa membuat kita menjadi betah untuk berlama-lama dirumah.

Sumber Gambar : http://www.sooperboy.com/lifestyle/tips-hunting-foto-saat-liburan-141229r.html

 

  1. Melakukan Hobi

Kita semua pasti mempunyai hobi. Ada yang menyukai fotografi, ada juga yang suka jalan-jalan atau traveling. Hal positif seperti ini bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka, hunting ke tempat yang bagus akan membuat otak kita menjadi mempunyai lebih banyak inspirasi, sambil hunting kamu juga bisa mencari makanan untuk berbuka puasa nanti.

Sumber Gambar : Fairus NH
  1. Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita akan memiliki wawasan yang luas. Membaca buku menjadi salah satu kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Sumber gambar : FairusNH
  1. Mengerjakan Tugas

Mendekati liburan tentunya tugas akan semakin banyak, deadline pun didepan mata. Oleh karena itu, selagi menunggu waktu berbuka tidak ada salahnya kita menyicil tugas agar nantinya kita tidak melakukan sistem kejar kebut semalam. Hasilnya pun akan jauh lebih baik.

Nah, beberapa kegiatan positif dan menyenangkan itu bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka. Selamat menunaikan Ibadah Puasa!

Jurnalis : Fairuz Nima Hayati

Editor : Rifdah Jihan Azizah