Intip Olahraga Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Pada Saat Puasa!

Majalahketik.com (29/05/19) – Bagaimana puasa nya nih sobat ketik? Masih semangat kan ? Puasa seperti ini jangan dijadikan waktu untuk bermalas-malasan ya. Menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam  membuat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun. Namun untuk melakukan aktivitas yang padat kita perlu menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar.

Hal terpenting untuk tetap memiliki tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Berikut 5 olahraga yang bisa kamu coba:

1. Bersepeda

Sumber: google image

Bersepeda adalah sebuah kegiatan olahraga dengan modal transportasi darat yang menggunakan sepeda. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapapun. Bersepeda di sore hari sangat bagus dilakukan sambil menunggu waktu adzan magrib.

2. Jogging

Sumber: https://images.app.goo.gl/Gh27QSis5PrSzFtz9

Jogging merupakan salah satu olahraga yang mempunyai banyak manfaat salah satunya menyehatkan jantung dan paru-paru. Jogging sangat mudah dilakukan dimana saja cukup dengan berlari-lari kecil di sekitaran rumah. Cukup mudah bukan? Olahraga ini sangat cocok dilakukan di pagi hari dengan waktu 10-15 menit saja.

3. Peregangan

Sumber: https://images.app.goo.gl/zad8bpJJeLsSEEfNA

Olahraga ini sangat ringan dan mudah dilakukan. Kamu tidak perlu kemana-mana cukup di kamar saja kamu dapat melakukan olahraga ini. Adapun manfaat dari peregangan tubuh ini yaitu meningkatkan fleksibilitas dan mencegah cedera otot yang disebabkan aktivitas sehari-hari. Olahraga ini sangat cocok dilakukan ketika bangun dari tempat tidur.

4. Yoga

Sumber: https://images.app.goo.gl/RWTuBMiPBY7gBMrP9

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang sangat ringan dilakukan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi yaitu penawaran atau penetralan racun di dalam tubuh. Proses yoga yang melatih teknik pernafasan akan membantu proses oksigen ke dalam otak membuat pikirian tetap jernih, merasa rileks dan pastinya nyaman selama berpuasa. Yoga dapat dilakukan kapan saja selama berpuasa dan pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramian untuk dapat melakukan yoga ini.

5. Berenang

Sumber:
https://images.app.goo.gl/Ua3nZBzXkrAzmb9u9

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan saat berpuasa adalah dengan olahraga. Olahraga renang ini sangat bagus dilakukan karena bisa membakar kalori dengan baik. Olahraga ini mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria hanya dalam kurang dari 30 menit saja. Olahraga renang ini juga bisa mengisi waktu berbuka. Namun tetaplah berhati-hati dengan olahraga ini untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut  yang bisa membatalkan puasa.

Nah, itulah 5 olahraga yang dapat dilakukan pada saat berpuasa. Jangan jadikan puasa sebagai alasan yang menghalangi rutinitas berolahraga ya! Namun tetap pada porsi olahraga sesuai kemampuan kamu ya.

Semangat!

 

Jurnalis            : Muhammad Thoifur

Editor               : Eka Kurnia Chandra Dewi