Beri Lebih dari Sekadar Ucapan Selamat! Hattrick Program Studi Animasi di Indonesia Reallusion Award 2019

Majalahketik.com(04/07/19)  – Berita membanggakan kembali dicetak oleh Prodi Animasi PoliMedia. Tiga mahasiswa Prodi Animasi yang tergabung dalam tim dengan nama Three Light menjuarai peringkat 1 lomba animasi “Indonesia Reallusion Award 2019”. Ketiga mahasiswa itu adalah Iqbal Al Rais Prihatono, Bayu Ferdinansyah, dan Nabil Fadillah Adi Praja.

Indonesia Reallusion Award 2019 diadakan di Bandung, tepatnya di Universitas Komputer Indonesia pada tanggal 27-29 Juni 2019. Lomba ini merupakan lomba pembuatan animasi dengan durasi 48 jam dan diikuti oleh berbagai kalangan. Tim Three Light yang memenangi lomba Indonesia Reallusion Award 2019 sendiri terbentuk karena niat yang kuat, “awalnya gua sama Iqbal sepakat kita harus ikut Asiagraph nih, dulu namanya Asiagraph,” kata Bayu pada saat sesi wawancara. Saat Indonesia Reallusion Award 2019 kemarin, mereka harus membuat animasi yang bertemakan “Future of Indonesia”. Mereka menyampaikan bahwa konsep animasi yang diangkat dari referensi film Armageddon, “inti ceritanya simpel sih. Ada meteor yang dateng ke bumi, kita sebagai astronot di luar angkasa berpikir keras bagaimana menghalau meteor dan akhirnya dikorbankanlah astronot yang ada di sana untuk menyelamatkan bumi,” kata Iqbal, leader di tim Three Light.

Baca juga: ARA 2018: The Flexi Plane Goes To Taiwan

Selain tim Three Light, terdapat 25 tim lain yang mengikuti lomba. Sebelumnya, tim Three Light pun tidak pernah berekspetasi timnya akan menang. “Oh iya, kalau membicarakan spek yang dibawa kampus lain tuh kita minder. Ada Untar (Univeritas Tarumanegara) bawa Mac enam buah. Kita laptop minjem,” curhat Iqbal. Mereka mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp. 10.000.000 dan study tour ke Taiwan. “Ke Taiwan kita insyaallah akhir tahun ini, antara November atau Desember,” ujar Nabil. Sedangkan dari pihak kampus sendiri, hanya apresiasi dari Kaprodi Animasi. Belum ada apresiasi lebih dari manajemen kampus. Sebagai penutup wawancara, tim Three Light menyampaikan pesan kepada seluruh mahasiswa PoliMedia terutama Program Studi Animasi, “lebih mencintai apa yang lu kerjakan. Kalau misalkan setengah-setengah, kita gak bakal bisa seperti sekarang,” kata Iqbal.

Hattrick di lomba bergengsi dan mengharumkan almamater kampus sudah sepantasnya diberi perhatian lebih. Selamat dan sukses untuk tim Three Light juga Prodi Animasi!

Jurnalis: Andika Pratama Putra

Editor: Viona Rizkia Ananda

Photo: Animasi