Menyoroti Pemberlakuan SPI dan Kelas Sore di PoliMedia Jakarta, Ini Tanggapan Direktur

Majalahketik.com(24/08/19) – Website penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Media Kreatif telah mengeluarkan pengumuman dibukanya pendaftaran UMPN Mandiri Gelombang III yang diikuti dengan pemberlakuan pembayaran SPI (Sumbangan Pembangunan Institusi) dan kelas sore.

Menanggapi hal ini Purnomo Ananto selaku Direktur PoliMedia memberi penjelasan bahwa PoliMedia membuka pendaftaran UMPN Mandiri Gelombang III karena memenuhi permintaan pemerintah untuk melipatgandakan jumlah mahasiswa dari tahun sebelumnya. “Harus memenuhi APK atau Angka Partisipasi Kasar dari 34% menjadi 50%,” ujar Purnomo Ananto.  Terkait pemberlakuan pembayaran SPI, Purnomo mengatakan bahwa sebenarnya SPI memang diberlakukan di seluruh kampus, “Memang sudah diberlakukan di seluruh kampus hanya saja teknisnya berbeda-beda dan kebetulan PoliMedia baru mulai memberlakukan SPI pada tahun ini.” tuturnya saat ditemui di ruangannya. “Terkait besarnya nominal SPI yang menetapkan adalah masing-masing kampus, karena pada dasarnya tiap kampus mempunyai teknis yang berbeda. PoliMedia sendiri telah mengambil nominal terkecil untuk pembayaran SPI tersebut. Untuk yang membayar SPI ini juga adalah mahasiswa yang diterima lewat jalur UMPN Gelombang I, II, dan III.” ujar Purnomo menambahkan.

Purnomo juga menjelaskan bahwasanya biaya SPI ini akan mengalir ke negara, sama halnya dengan SPP. “Untuk SPI ini sendiri sama halnya dengan uang SPP yang nantinya akan dialirkan ke pemerintah/negara karena kita adalah perguruan tinggi negeri yang dinaungi oleh negara. Uang ini nantinya akan dicairkan untuk pengadaan gedung, lab, dan lain-lain.” ucapnya. Untuk keberlanjutan SPI ini sendiri Direktur PoliMedia mengatakan bahwa ada atau tidaknya SPI tahun depan dilihat terlebih dahulu dari keadaan.

Baca juga: Pena Cup 2019 : Antusiasme 12 tim Peserta dan Supporter SMA Se-Jabodetabek

Mengenai pemberlakukan kelas sore bagi mahasiswa yang mendaftar UMPN Mandiri Gelombang 3, Direktur PoliMedia mengatakan bahwa akan diberlakukan moving class. Adapun program studi yang dibuka di UMPN Mandiri Gelombang 3 tersebut adalah D3 Teknik Kemasan, D3 Teknik Grafika, D3 Fotografi, D3 Penyiaran, dan D4 Game Teknologi. “Jadi nanti tahun ajaran baru akan pakai moving class, kelas sore ini dilaksanakan dari pukul 16.00 sampai 21.00, kelasnya bergantian dengan yang masuk pagi,” tutur Purnomo. “Ya, karena kelas kita tidak mencukupi, sedangkan jumlah mahasiswa bertambah, kita harus memberlakukan moving class. Kita maksimalkan potensi yang ada di kampus kita.”

Keadaan lantai 9 dan 10 di kampus Polimedia Jakarta

Lalu, bagaimana dengan lantai 9 dan 10? Mengingat pembangunannya yang akan dirampungkan bulan September, ternyata dua lantai ini tidak akan digunakan untuk dua program studi baru tahun ini yaitu Perhotelan dan Seni Kuliner. “Dua lantai itu akan digunakan untuk program studi yang baru lagi tahun depan.” tutupnya.

Jurnalis: Putri Disa dan Dhaniar W Sharfina

Editor: Eka Kurnia Chandra Dewi

Fotografer: Haikal Mulki