Penuh Antusias! Inilah Kegiatan PSP2 2019

Majalahketik.com(24/08/19) – PSP2 atau PKKMB adalah kegiatan pengenalan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru di Perguruan Tinggi. PSP2 2019 diselenggarakan selama empat hari, 14-17 Agustus 2019. Tahun ini PSP2 memakai dua tempat yang berbeda, yaitu Hall Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta Gedung E dan lapangan Yonzikon 14 Jakarta Selatan.

PSP2 tahun ini mengangkat tema CREARTION yang artinya kita harus peduli terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar, kreatif dalam mengembangkan bakat yang dimiliki lewat aksi nyata mahasiswa di era industri 4.0 yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh Kreator Muda itu sendiri. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 1.500 Kreator Muda yang terdiri dari 13 prodi, 2 diantaranya adalah prodi baru yaitu Perhotelan dan Seni Kuliner. Acara ini juga didukung oleh panitia yang berjumlah 215 orang dari Mahasiswa.

Hari pertama PSP2 2019 diawali dengan diadakannya sidang senat terbuka yang dihadiri oleh Purnomo Ananto selaku Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif beserta jajarannya.

Persiapan masuk sidang senat terbuka yang dihadiri oleh Purnomo Ananto selaku Direktur Politeknik Negeri Media Kreatif beserta jajarannya. Polimedia, Jakarta Selatan. 14/08/2019

Setelah sidang senat, dilanjutkan oleh 3 pemateri yaitu Dr. Eng (Hon). Ir. Hari Purwanto M.Sc, DIC dengan materi Narasi Ilmiah visi pendidikan vokasi dalam menghadapi revolusi industry 4.0, Dra. A. Kasandravati Putranto membawakan materi Psikologi untuk mahasiswa baru, dan materi  industri kreatif oleh Harris Nizam yaitu sutradara film Surat Kecil Untuk Tuhan.

Hari kedua diisi dengan beberapa rangkaian acara seperti gladi upacara, baris-berbaris, materi bela Negara dan kebangsaan, serta Pendidikan Karakter. Lapangan Yonzikon 14, Jakarta Selatan. 15/08/2019

Hari kedua dan ketiga bertempat di lapangan Yonzikon 14. Hari kedua diisi dengan beberapa rangkaian acara seperti gladi upacara, baris-berbaris, materi bela Negara dan kebangsaan, serta Pendidikan Karakter.

Hari ketiga di isi senam pagi, sarapan, serta mengerjakan tugas harian kelompok dan kemudian mempresentasikan karya yang terpilih, setelah itu pemaparan jurusan. Sebelum diadakannya demo UKM terdapat beberapa “masalah” yang memicu para mahasiswa (pihak panitia) menyuarakan haknya dengan menyanyikan lagu-lagu mahasiswa secara ramai-ramai diikuti dukungan para Kreator Muda. Akhirnya acara pun tetap dilanjutkan hingga demo UKM selesai.

Suasana seusai para Kreator Muda melaksanakan Operasi Semut untuk membersihkan sekitar Kampus tempat mereka selama empat hari melaksanakan kegiatan. Polimedia, Jakarta Selatan. 17/08/2019

Hari terakhir tanggal 17 Agustus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, diadakan Upacara Bendera yang di hadiri oleh pihak Manajemen dan juga civitas kampus PoliMedia. Setelah Upacara Bendera, dilanjutkan parade ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) dari MPM, BEM dan HIMA. Terdapat juga HIMA Day dimana acara tersebut berisi pengenalan dari masing-masing program studi kepada mahasiswa baru. Di akhir, para Kreator Muda juga melaksanakan Operasi Semut untuk membersihkan sekitar Kampus tempat mereka selama empat hari melaksanakan kegiatan.

Baca juga: Beri Lebih dari Sekadar Ucapan Selamat! Hattrick Program Studi Animasi di Indonesia Reallusion Award 2019

Seru banget pokoknya pecah! Baik-baik asik malah, ya senang banget bisa mengikuti acara ini dan udah jadi bagian dari PoliMedia, terima kasih juga kepada kakak pembimbing yang udah nemenin kita sampai sekarang.” Kata Aknia Paradhita, Mahasiswi baru Program Studi Periklanan.

Desy selaku Ketua Pelaksana PSP2 2019 berharap agar para Kreator Muda merasakan manfaat dari acara ini. “Saya berharap apa yang udah disampaikan pada saat PSP itu bermanfaat, entah itu dari hal kecil 5S dan 3 kata sakti paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih dimana Kreator Muda untuk bertemu dengan kakak tingkatnya masih canggung, dari 5S ini sebagai peluang pendekatan kepada kakak tingkatnya, baik ke dosen dan temen seangkatannya pun sama. Mereka juga sudah harus tahu apa arti mahasiswa sesungguhnya , mereka itu bukan lagi siswa tetapi mahasiswa yang dimana pemikiran harus lebih dewasa dan berpikir kritis dalam suatu tindakan” Tuturnya saat ditemui pada hari terakhir PSP2 2019.

Jurnalis            : Muhamad Thoifur

Editor             : Rifdah Jihan Azizah

Fotografer       : M. Jalaludin Akbar