Pusat Kegiatan Mahasiswa, Ada Dimana?

PoliMedia, 09/09/19 Ruangan Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa) yang berada di Gedung B lantai dua PoliMedia, sementara waktu dialihfungsikan menjadi ruang kelas untuk Mahasiswa baru Program Studi Seni Kuliner dan Perhotelan.

polimedia
Keadaan salah satu kelas Prodi Seni Kuliner yang telah diisi dengan meja baru. Polimedia, Jakarta (10/09/19).

Pasalnya, Mahasiswa yang menggunakan Pusgiwa merasa tidak mendapat ruangan pengganti. Namun barang-barang milik UKM yang sebelumnya ada di Pusgiwa telah dipindahkan ke ruangan baru yang terdapat Basement sambil menunggu pembangunan lantai 9 dan 10 yang kabarnya akan di rampungkan pada tahun ini.

Cahyo Tri Wijanarko selaku Kasubbag Umum (Kepala Sub Bagian Umum) menjelaskan bahwa sebenarnya Ia pun ingin terus memfasilitasi Mahasiswa.

“Kita posisinya menunggu, kita juga ingin memfasilitasi mahasiswa dengan fasilitas yang layak, tapi dalam tanda kutip keterbatasan anggaran. Jadi kita memanfaatkan dan mengoptimalkan ruangan yang ada, contohnya Pusgiwa untuk sementara menjadi kelas “ jelasnya.

Baca juga : Haruskah Mahasiswa Dididik Ala Prajurit?

Ia juga menegaskan bahwa sistem pembagian kelas (moving class) yang mulai diberlakukan pada tahun ajaran ini diatur oleh Jurusan dan BAKPK (Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama). Kasubbag Umum hanya menyediakan kelas, karena Ia menganggap pihak Jurusan lebih tahu porsi Prodinya masing-masing, hingga jam pembelajarannya.

“Untuk tahun ajaran baru ini, Kasubbag telah menyiapkan sekitar 81 total ruang kelas untuk semua Prodi. Kalau kita ingin kelas yang stay, butuh kira-kira 100 ruang kelas. Jadi sementara ini diberlakukan moving class sambil menunggu lantai 9 dan 10 selesai.” Tuturnya.

polimedia
Kegiatan KBM Prodi Perhotelan di kelas baru gedung A Polimedia. Polimedia, Jakarta (10/09/19).

Sementara itu, Melani F.K. salah satu Mahasiswa dari UKM Trada yang ikut menggunakan Pusgiwa, berkomentar tentang dialihfungsikannya Pusgiwa.

“Kalo dari aku, Pusgiwa sendiri penting untuk latihan. Ngga setuju juga kalo digusur, bolehlah kalau digusur terus dapet pengganti yang sepadan atau lebih baik. Tapi kan pada faktanya ruangan ini ngga ada gantinya sampai sekarang, cuma barang-barangnya aja yang dipindahin. Terus sekarang Pusgiwa dimana? Ngga jelas kan?” Ujarnya saat ditemui.

“Semoga Manajemen makin peka sama Mahasiswa dan ngasih fasilitas yang baik buat Mahasiswa nya.” Tutupnya di akhir percakapan.

Jurnalis : Yuni Puspita Dewi

Editor  : Rifdah Jihan Azizah

Fotografer : Haikal Mulki