Kompetisi Majalah Kampus Ke – 4 Sudah Usai, Sampai Jumpa di Tahun Berikutnya!

Majalahketik.com – Kompetisi Majalah Kampus (KMK) tahun 2019 telah usai. Kompetisi ke-4 yang diselenggarakan di PoliMedia pada tanggal 18-21 September 2019 ini diikuti oleh 24 peserta dari berbagai Politeknik se-Indonesia.

Ada yang berbeda dari KMK tahun ini. Selain memperlombakan majalah, ada pula perlombaan individu. Kategori yang dilombakan pun bukan hanya majalah kampus terbaik, kali ini terdapat kategori desain dan layout terbaik, foto dan ilustrasi terbaik, konten majalah terbaik, grafika terbaik, dan berita terbaik. Dalam perlombaan individu sendiri terbagi atas tiga kategori, yaitu kategori penulisan berita, fotografi, dan desain sampul.

Terdapat pula sesi pelatihan yang diisi oleh pemateri sesuai dengan bidang masing-masing. Ada empat materi pelatihan, yaitu penaskahan dan penulisan jurnalistik, desain tata letak dan digital imaging, fotografi media, media desain tech e-zine.

polimedia
Peserta Kompetisi Majalah Kampus (KMK) dari berbagai Politeknik se-Indonesia

Hari pertama KMK diisi oleh sambutan-sambutan beserta pelatihan penaskahan dan penulisan jurnalistik. Dilanjut di hari kedua, yaitu materi fotografi media yang juga peserta diberangkatkan ke Taman Mini Indonesia Indah untuk lomba individu, fotografi dan penulisan berita. Di sana peserta meliput dan memotret di Festival Dalang Bocah tentang keragaman Indonesia. Hari ketiga dilanjutkan dengan memberikan pelatihan desain dan lomba desain sampul. Lalu hari terakhir diisi dengan penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba.

“Awalnya gak berekspektasi buat menang, cuma berpartisipasi aja. Tapi, Alhamdulillah bisa tembus menang Juara 1. Awalnya gak tau mau wawancara siapa sampai nyari ketua pelaksana acaranya (Festival Dalang Bocah), penulisan artikel juga dikebut karena waktunya terbatas,” Ujar Pemimpin Redaksi Majalah Kompen dari Politeknik Negeri Malang.

polimedia
Perwakilan KETIK di Kompetisi Majalah Kampus (KMK)

Untuk Majalah KETIK sendiri, tahun ini membawa pulang beberapa penghargaan, antara lain : Juara 2 majalah kampus terbaik, grafika terbaik, dan berita terbaik. Untuk kategori individu, majalah KETIK mengirimkan tiga orang perwakilannya, yaitu Muhammad Jalaludin Akbar yang memenangkan juara 1 fotografi dan Andika Pratama Putra yang memenangkan Juara 2 dalam penulisan berita serta satu orang lagi, Ersa Meidiyana Yusuf.

Baca juga: Program Studi Animasi Kembali Menorehkan Prestasi

Sama seperti tahun sebelumnya, juara majalah kampus terbaik kembali di menangkan oleh LPM Gema dari Politeknik Negeri Jakarta dengan total poin 3416.

 “Asli seneng dan bangga, ini kan salah satu kompetisi kampus dan ada tantangan dari Rektorat supaya Gema juara. Lagian juga mempertahankan sesuatu itu kan susah daripada menggapai sesuatu. Pokoknya terima kasih untuk seluruh temen-temen.” Tutup Ilham Kusumaning salah satu perwakilan LPM Gema PNJ.

Jurnalis : Andika Pratama Putra

Editor : Alifianisa Andary

Fotografer : M. Jalaludin Akbar