Malam-malam Nostalgia? Pasti Habis ke Metafora 5

Media cerita dan Karya (Metafora) jilid 5 kembali digelar pada tanggal 15-16 november 2019, dengan konsep dan tema yang selalu update tiap tahunnya kali ini Metafora 5 memakai konsep Layar Tancep dan pertama kali diadakan di luar kampus berlangsung selama 2 hari, Metafora 5 sukses meramaikan kawasan rekreasi Setu Mangga Bolong yang terletak tidak terlalu jauh dari kampus PoliMedia.

Hari pertama Metafora 5 didominasi oleh pemutaran film pendek karya mahasiswa Broadcast PoliMedia, Walaupun hujan sempat mengguyur area Setu Mangga Bolong pada sore hari, namun itu tidak menghentikan antusiasme pengunjung untuk tetap menyaksikan acara. Film- film yang ditampilkan pada hari pertama antara lain Margi, Dilanjut oleh Hormat, Re:kam, Pensil dan Kenapa Tertawa Setelah itu penampilan musikalisasi puisi oleh UKM Kompeni serta beberapa kuis yang berhadiah voucher bazaar. Malam pertama Metafora 5 ditutup oleh penampilan akustik dari mahasiswa Broadcast.

polimedia
Pemutaran film pendek karya mahasiswa Broadcast PoliMedia, walaupun hujan mengguyur area Setu Mangga Bolong pada sore hari, namun tidak menghentikan antusiasme pengunjung untuk tetap menyaksikan acara. (Setu manggabolong, Jakarta Selatan, 15/11/19)

Selama 2 hari berlangsung, area tersebut berubah menjadi pasar malam ala-ala tahun 90 yang menarik perhatian para warga sekitar, terutama anak-anak antusias mengunjungi Baazar, bermain games dan menonton film bermediakan Layar besar. Saat memasuki area Metafora kita akan memasuki sebuah lorong yang dihiasi kaset-kaset dan TV tua menghiasi lorong untuk menambah kesan retro dan badut yang akan menyambut para pengunjung ketika memasuki titik area acara dan tak lupa terdapat bilik foto untuk dokumentasi pengunjung yang telah datang.

“Asik banget acaranya, pengunjung juga terlihat menikmati acara ini, tapi menurut gue kalo buat bazaar kurang rame deh, gak ada baju laki-laki, kan gue pengen beli.” Tutur Iqbal Razan ─ Mahasiswa Prodi Desain Grafis.

polimedia
Pemutaran film serta kuis yang di meriahkan oleh warga sekitaran Setu Manggabolong pada acara Metafora 5. (Setu Manggabolong, Jakarta Selatan. 15/11/19)

Fakta menarik dari Metafora 5 ini yakni merupakan upaya melakukan pengabdian kepada masyarakat sekitar Setu Mangga Bolong terbukti dari penuturan  ketua pelaksana dan salah satu warga yang sempat diwawancarai. Seluruh panitia melakukan kerja bakti bersama masyarakat sekitar selama 5 hari sebelum acara digelar. Siapapun bebas mengunjungi Metafora 5 tanpa dipungut biaya manjadikan sebuah animo warga sekitar khususnya anak-anak.

Baca juga : 3 x 3 Basketball Championship “Fight for Glory”: Gaya Pertandingan Baru dalam Basket

 “Supaya kita bisa lebih berdekatan dengan masyarakat kawasan ini. Jaman sekarang kan udah jarang tuh kaya nobar  layar tancep di pasar malem atau nobar didalem mobil nah kali ini kita mengajak masyarakat untuk  mengenang masa-masa yang sekarang udh ngga ada. Semoga konsep layar tancep bertemakan retro bisa jadi pengabdian kepada masyarakat di Metafora 5 ini  trus juga bisa menjadi contoh untuk acara-acara berikutnya.” Timpal Febriansyah ─ Ketua Pelaksana.

Jurnalis : Zahra Ar-rumaisha

Editor    : Destri Rahayu

Fotografer : Harits Fajari