Upaya Peduli Lingkungan, Ini yang Dilakukan Desain Mode di Acara Polimedia Fashion Festival 2019

PFF (Polimedia Fashion Festival) kembali digelar tahun ini yang berlokasi di Depok Pesona Square pada tanggal 23 September 2019. Ini merupakan tahun kedua PFF diselenggarakan oleh program studi Desain Mode Politeknik Negeri Media Kreatif. PFF 2019 kali ini mengusung tema “The Fault in Harmony” yang memiliki tujuan mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam melestarikan lingkungan.

Dalam sambutan pembukaan PFF 2019, Junie Kristiawati Putri selaku ketua PFF 2019 menjelaskan, “melalui acara ini, kami berharap generasi muda sadar dengan lingkungan di sekitarnya karena sebenarnya potensi alam di Indonesia ini sangat luar biasa dan sangat disayangkan jika generasi muda tidak melestarikannya.”

Tema PFF kali ini sangat unik dan berbeda dari tahun lalu. Vetti Octavia selaku ketua divisi kreatif menjelaskan “(desain baju) tahun sekarang, tuh, lebih dominan ke kerusakan tapi ada unsur keindahan dalam baju itu.”

Baca juga: Bikin Bangga! Pameran Perdana Karya Angkatan 10 Fotografi Sukses Digelar

Tahun ini PFF lebih menajamkan pesan moral yang terkandung dalam desain baju yang ditampilkan. Vetti memaparkan, “jadi lebih menarik di tahun ini karena mengajak yang lain untuk lebih peduli sama lingkungan sekitar.”

Presentasi busana karya alumni desain mode PoliMedia dwidua by Danang di acara PoliMedia Fashion Festival di Pesona Square Mall Depok (Sabtu, 23/11/2019)

Acara ini juga merupakan wadah bagi para desainer muda untuk lebih mengekspresikan karya-karya mereka. Salah satu desainer muda yaitu Danang Wicaksono mengaku sangat senang dengan acara ini karena karyanya dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat. “Semoga lebih banyak lagi tempat-tempat yang bisa membantu kita untuk mengekspresikan diri kita sebagai desainer muda,” tutur sang desainer brand Dwidua yang juga tampil di PFF 2019. Lebih dari 30 karya fashion dari mahasiswa dan alumni program studi Desain Mode Politeknik Negeri Media Kreatif yang ditampilkan di acara ini.

Penampilan akustik dari Glamblckgrl di acara PoliMedia Fashion Festival di Pesona Square Mall Depok (Sabtu, 23/11/2019)

Tak hanya menampilkan fashion show, event ini juga diwarnai dengan beauty talkshow dan diskusi fashion. Selain itu, sejumlah special performance juga ikut meramaikan acara ini yaitu pertunjukan perkusi oleh unit kegiatan mahasiswa Kompeni dan penampilan solo dari Glamblckgirl (Noora Ireena).

Jurnalis : Valerizma Mutia S

Editor: Viona Rizkia Ananda

Fotografer: Retno Dwi Marcelina