Jakarta Bukan Ibu Kota Negara Lagi Mulai 2024, Pemindahan IKN Dipercepat

Majalahketik.com – Sebagaimana yang kita tahu Jakarta merupakan satu-satunya kota megapolitan terbesar di Indonesia namun faktanya Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara pada 2024. Ibu Kota Negara atau IKN akan mulai pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur mulai tahun 2024.

BACA JUGA : https://majalahketik.com/menindaklanjuti-ultimatum-aliansi-bem-si-kembali-geruduk-istana-untuk-tolak-kenaikan-harga-bbm/

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Presiden atau Keppres pada semester I-2024. Keppres tersebut mengesahkan pemindahan IKN dari Jakarta ke Nusantara.

“Mana kala presiden mengeluarkan Kepppres pada 2024, ibu kota akan pindah ke IKN Nusantara. Walaupun 2024, namun persiapan sudah kami lakukan sejak sekarang,”

Ungkap Bambang saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, pada Senin (06/02/2023).

Dia mengatakan, persiapan yang dilakukan di antaranya adalah pemindahan ASN, TNI, dan Polri yang akan dilakukan bertahap. Selain itu, Badan Otorita juga tengah mempersiapkan pemindahan penyelenggaraan pemerintahan.

Salah satu faktor yang menjadi alasan pemindahan ibu kota negara adalah untuk menemukan posisi sentral Indonesia sebagai negara kepulauan. Maka, dipilihlah Kalimantan Timur agar jarak tidak terlalu jomplang, dari barat ke timur, dari timur ke barat. Kalimantan Timur benar-benar berada di tengah kepualauan Indonesia

“Hari ini adalah 559 hari hingga 17 Agustus 2024, setiap satu hari berkurang dan tidak ada tanggal merah bagi kami untuk melaksanakan amanah dari Undang-Undang yang Bapak/Ibu punyai,”

ucap Bambang

Menurut Bambang hanya 559 hari lagi waktu yang tersisa untuk memenuhi instruksi Presiden Joko Widodo agar bisa melakukan upacara Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di IKN Nusantara. Pihaknya senantiasa mengoptimalkan berbagai rencana kerja Otorita IKN di 2023 agar bisa menjalankan amanah dari UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Terkait pemindahan ibu kota ke IKN pada 2024, Jokowi pun optimistis upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia bisa digelar di sana pada tahun tersebut. Jokowi mengatakan progres pembangunan IKN Nusantara telah berjalan baik. Ia meyakini pembangunan akan sesuai jadwal jika pembangunan terus berjalan baik.

“Ya kalau kerjanya seperti ini, saya kira insya Allah bisa HUT RI 2024 di IKN, harus optimistis,”

Ungkap Presiden Jokowi.

Teks: Febrinka Dea Widiasti

Editor: Bella Nurmaya

Total
0
Shares
Related Posts