Membanggakan, Mahasiswa Polimedia Makassar Kembangkan Website E-Library

Menghadapi era digital yang semakin pesat, E-Library Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar hadir menjadi salah satu cara dalam menghadapi tantangan tranformasi digital saat ini. E-Library ialah perpustakaan digital yang mempunyai koleksi buku yang sebagian besar dalam bentuk format digital dan bisa diakses dengan komputer.

E-Library yang dikembangkan oleh mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar merupakan suatu hasil tugas akhir mahasiswa yang bernama Muhammad Rasul dari Program Studi Multimedia angkatan 2019. Mendapatkan inspirasi awal dari kecenderungan menggunakan teks secara elektronik dan berpatokan dari adanya rasa bahwa perpustakaan yang ada di Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar membutuhkan sebuah inovasi di bidang teknologi dan informasi, Muhammad Rasul berhasil mengembangkan website E-Library ini.

Baca juga: Serah Terima Jabatan, PoliMedia Sambut Direktur Baru

Untuk mengaksesnya, pengguna harus memilki akun terlebih dahulu. Ketika sudah memiliki akun, pengguna dapat melakukan pengecekan terkait dengan koleksi yang tersedia pada perpustakaan Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar melalui halaman URL https://elibrary.polimediamakassar.online/, sedangkan untuk pengguna yang belum memiliki akun bisa langsung melakukan registrasi tanpa harus datang ke Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar, cukup hanya dengan mengakses URL yang telah disediakan.

E-Library Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan perpustakaan itu sendiri, seperti fitur e-journal, peminjaman buku, pengembalian buku, presensi, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua fitur dapat diakses untuk umum, hanya fitur e-journal saja yang bisa diakses untuk umum.

Data berupa buku yang tersedia dalam E-Library ini ialah data yang berasal dari perpustakaan Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar, sedangkan e-journal berasal dari pihak lain atau beberapa sumber e-journal yang ada di internet. Pada fitur transaksi peminjaman buku, pengguna cukup memasukan kode buku yang ingin mereka pinjam untuk melakukan transaksi peminjaman buku. Hasil dari penginputan data tersebut akan mengeluarkan output yang akan diverifikasi oleh petugas perpustakaan Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar. Kelebihannya dalam melakukan transaksi peminjaman buku melalui website E-Library ini, mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar tidak perlu lagi melakukan antrean dan bisa langsung membawa buku yang dipinjam.

Keberhasilan Muhammad Rasul dalam menciptakan website E-Library Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar tentunya mengalami kendala, seperti banyaknya development dan pembuatan scripting algoritmanya yang sering terjadi error. Beliau sendiri menghabiskan waktu selama kurang lebih tiga bulan dan berhasil rilis pada tanggal 28 Januari 2022.

Adapun harapan yang disampaikan Muhammad Rasul, “Pesan saya untuk pengguna E-Library Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar, semoga kedepannya E-Library ini dapat dipergunakan dengan baik, serta menggunakan E-Library tersebut sebagai wadah yang mendukung aktivitas pembelajaran di ruang lingkup Kampus Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar”.

Reporter: Nurmaya Dwi Oktavia

Editor: Nurlaeli Aida

Dokumenter: Muhammad Rasul

Total
23
Shares
Related Posts