Apa sih Love Language Itu?

Love language  atau bahasa cinta merupakan cara seseorang mengekspresikan rasa cintanya kepada orang yang mereka sayangi. Penting untuk memahami bahasa cinta diri sendiri serta orang yang kita cintai agar terciptanya hubungan yang baik dan sehat dengan pasangan, keluarga, bahkan orang sekitar.

The 5 Love Languages®

Five Love Language oleh Dr. Gary Chapman




Konsep bahasa cinta sendiri diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman  lewat buku yang ditulisnya berjudul Five Love Language. Chapman membagi lebih lanjut prinsip komunikasi dalam sebuah hubungan. Melalui hal tersebut, penulis buku Five Love Language memperkenalkan beberapa bahasa cinta yang dapat diaplikasikan ke berbagai jenis hubungan, mulai dari hubungan romantis, keluarga, sampai ke pertemanan. Berikut lima bahasa cinta yang diperkenalkanDr. Gary Chapman, yaitu:


1. Physical Touch

Alasan Hubungan Tanpa Status akan Merugikan bak Nevertheless


Netflix/Nevertheless

Mereka yang memiliki love language ini merasa dicintai dan mengekspresikan rasa sayangnya dengan melakukan sentuhan fisik, seperti menyentuh lengan atau tangan pasangan selama berbincang, menyubit area tubuh tertentu pasangan, berpelukan dengan pasangan, ataupun yang lainnya. Love language ini dapat dikatakan efektif karena bersifat menenangkan, dan bisa menjadi healing bagi mereka saat sedang sedih.

2. Quality Time

6 Pelajaran Cinta Dari Kisah Tom dan Summer di Film 500 Days of Summer


IDN Times/500 Days of Summer

Mereka yang memiliki love language ini merasa dicintai dan dihargai saat menghabiskan waktu bersama dengan pasangan, saling memperhatikan satu sama lain, berbagi suatu hal yang bermakna, menonton film bersama, hingga traveling bersama. Love language ini berarti tidak ada gangguan apa pun dan saling fokus satu sama lain saat sedang bersama.

3. Words of Affirmation

Taman Dilan di Bandung Mulai Dibangun


CNN Indonesia/Dilan 1991

Mereka yang memiliki love language ini mengungkapkan rasa sayang dan merasa dicintai saat mendapatkan pujian, apresiasi, serta berbagai kalimat yang mengekspresikan rasa sayang. Lebih bagus lagi jika kata-kata tersebut disertai dengan surat cinta, berbicara langsung, ataupun melalui voice note, terutama bagi mereka si para pejuang LDR. Kata-kata yang disampaikan secara tulus itulah yang membuat mereka merasa dicintai.

4. Acts of Service

Watch Crash Landing on You | Netflix Official Site


Netflix/Crash Landing On You

Mereka yang memiliki love language ini akan memberikan tindakan atau aksi nyata kepada pasangan sebagai perwujudan dari rasa sayangnya. Mereka berinisiatif membantu pasangannya dalam hal kecil, sekalipun tidak diminta. Mereka tidak butuh kata-kata untuk membuat kebahagiaan. Talk less, do more.

5. Receiving Gifts

One Week Friends (2017) - IMDb


IMDB/One Week Friends

Mereka yang memiliki love language ini akan merasa dicintai saat pasangan memberikan hadiah. Perasaan bahagia muncul tidak selalu karena hadiah yang mahal, tetapi karena makna di baliknya, serta usaha pasangan untuk mencari dan membeli hadiah dengan tulus. Selain senang menerima hadiah, mereka juga senang memberikan hadiah kepada pasangan.

baca juga https://majalahketik.com/sulitnya-bertahan-hidup-dalam-series-all-of-us-are-dead/

Mengetahui love language satu sama lain merupakan hal yang cukup penting karena dapat membuat hubungan dengan orang-orang yang kita sayangi menjadi lebih baik. Tak hanya itu, hubungan pun makin nyaman untuk dijalani karena kita dapat memahami satu sama lain. Jadi, Sobat Ketik, apa love language kamu? 

Teks: Eric Wirayudha

Editor: Hania Latifa


 

Total
0
Shares
Related Posts