Bantuan Kuota Internet Gratis, Akankah Berlanjut?


Sumber: Youtube Kemendikbud

(MajalahKetik.com – 01/03/2021) – Pada 1 Maret 2020 pukul 13.00 WIB, Nadiem Makarim selaku Mendikbud telah mengumumkan kebijakan mengenai bantuan kuota internet gratis untuk tahun 2021. Pengumuman tersebut disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Kemendikbud.

Menurut pernyataan Mendikbud Nadiem Makarim, bantuan kuota internet gratis untuk pendidikan akan tersalurkan kembali selama tiga bulan mendatang, tepatnya pada periode Maret hingga Mei 2021. Bantuan kuota internet gratis Kemendikbud ini, merupakan salah satu pendukung penting demi kelancaran pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar selama pandemi Covid-19 ini merebak.

Kemudian, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim mengatakan bahwa, bantuan kuota yang akan disalurkan mengalami perubahan pada jumlah porsinya. Sejauh ini, porsi kuotanya sedang dalam perumusan skema baru, ujar Ainun Naim.

Baca Juga : Bahas Jurusan Desain, PoliMedia Gelar Webinar PMB

Target penerima bantuan kuota Kemendikbud pada periode Maret hingga Mei 2021 ini meliputi: siswa PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Kesetaraan, Mahasiswa Vokasi, Mahasiswa Akademik, Dosen Vokasi, Dosen Akademik, dan Guru dengan porsi yang telah disesuaikan dan dipertimbangkan.

Kuota internet yang akan disalurkan nanti terbagi menjadi dua jenis, yaitu kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum ini dapat digunakan untuk mengakses berbagai laman dan aplikasi belajar, sedangkan kuota belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi belajar yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

Pada siaran langsung tadi, diinformasikan bahwa kuota internet dari bantuan Kemendikbud pada periode 2020 telah tersalurkan sebanyak 37,725 juta, dengan target sasaran penerima yaitu peserta didik dan tenaga pendidik.

Selain bantuan kuota internet, program belajar dari rumah akan tetap ditayangkan di channel TV TVRI. Seperti biasanya, program tersebut tayang selama 40 menit.

Reporter: Muhammad Yazid

Redaktur: Early Meidiasa Prameswari

Total
0
Shares
Related Posts