Calon Mahasiswa Baru Polimedia 2021? Yuk Simak!

(MajalahKetik.com-21/03/2021) Politeknik Negeri Media Kreatif saat ini tengah membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Tahun ini, Polimedia membuka kuota sebanyak 2.176 calon mahasiswa baru untuk Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Makassar dan Medan. Kuota untuk program D3nya ialah 1.568 dan 608 kuota untuk program Sarjana Terapan atau D4.  Sementara untuk kuota terbanyak yang nantinya disediakan untuk lima kelas ialah program studi Desain Grafis, Penyiaran, Periklanan dan Animasi (D4).

Jumlah peminat terbanyak saat ini menurut grafik pun berbeda dengan tahun lalu yang tadinya Program Studi Broadcasting atau Penyiaran, kini diganti dengan Desain Grafis. Namun jumlah peminat terbanyak ini belum stabil mengingat masih terdapat beberapa jalur pendaftaran lain dan juga masih ada banyak para calon mahasiswa baru yang belum mendaftar.

Penerimaaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Media Kreatif tahun 2021 ini terbagi menjadi tiga jalur kategori yaitu:

1. Untuk sarjana Terapan atau D4 ini merupakan di bawah naungan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pada seleksi ini terdapat pula dua jalur yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan dengan cara mengikuti tes dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan berdasarkan nilai rapor.

Di Politeknik Negeri Media Kreatif untuk D4-nya terdapat beberapa Program studi:

  • Program studi Animasi
  • Program studi Desain Mode
  • Program studi Teknologi Permainan
  • Program studi Pengelolaan Perhotelan
  • Program studi Teknologi Rekayasa Multimedia

2. Untuk vokasi/ Diploma 3 ini merupakan di bawah lembaga Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang pusatnya berada di Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. Terdapat dua jalur pada seleksi ini yaitu Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Untuk seleksi SNMPN dilakukan berdasarkan nilai rapor dan untuk seleksi SBMPN dilakukan melalui tes tertulis. Jalur masuk ini umumnya hampir sama dengan seleksi LTMPT hanya saja ini dikhususkan untuk program vokasi atau D3.

Baca Juga : Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021, Berikut Tata Cara Pelaksanaannya

Di Politeknik Negeri Media Kreatif untuk D3-nya terdapat beberapa Program Studi:

  • Program studi Penyiaran
  • Program studi Periklanan
  • Program studi Desain grafis
  • Program studi Seni Kuliner
  • Program studi Penerbitan
  • Program studi Fotografi
  • Program studi Teknik Grafika
  • Program studi Teknik Kemasan
  • Program studi Teknik Pemeliharaan Mesin

3. Ujian Mandiri merupakan jalur campuran yang bisa diikuti oleh para calon mahasiswa yang ingin memilih program D4 ataupun D3. Ujian ini biasanya dilaksanakan setelah seleksi dari LTMPT dan FDPNI berakhir.

Untuk seleksi tes tertulisnya terdapat tes rekayasa, non-rekayasa untuk semua program studi dan terdapat pula tes gambar untuk beberapa program studi. Sementara untuk tes melalui nilai rapor sebaiknya didukung dengan portofolio yang dimilikki.

Mengenai alur, timeline, tata cara maupun teknis pelaksanaan setiap seleksi jalur masuk Politeknik Negeri Media Kreatif ini bisa mengunjungi laman lembaga LTMPT, SBMPN atau SNMPN dan tentunya bisa mengikuti akun instagram @polimediakreatif.

Jurnalis: Maria Alexandra Fedho

Editor: Early Meidiasa Prameswari

Total
0
Shares
Related Posts
Read More

FKMPI PoliMedia Turut Hadir dalam Rapat Kerja Nasional II 2021

Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia (FKMPI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional Ke-2 Tahun 2021. Rapat Kerja Nasional yang kedua dilaksanakan di Politeknik Negeri Sriwijaya secara daring selama empat hari dari tanggal 7–10 Agustus 2021. Tujuan diadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) adalah untuk meningkatkan hubungan silaturahmi dan kerja sama antarmahasiswa Politeknik se-Indonesia, pemaparan program kerja FKMPI selama setahun ke depan serta pemaparan ide serta aspirasi untuk kemajuan FKMPI. Dalam sambutannya, Wakil Ketua Umum Badan Moordinasi Mahasiswa Politeknik se-Indonesia, Wahyu Kurnia Dewanto, mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Negeri Sriwijaya karena telah memfasilitasi panitia untuk menyukseskan Rakernas FKMPI tahun 2021 ini.…