Follow

6 Cara Jitu untuk Mengingat Lebih Mudah

Majalahketik.com – Pada dasarnya, seringkali kita melupakan hal-hal penting yang ada di sekitar. Untuk itu, kita membutuhkan kemampuan membaca dan mengingat yang baik. Mengingat juga bermanfaat dalam berbagai hal, misalnya, dalam mengingat mata pelajaran, mengingat hari penting, maupun kegiatan yang akan dijalankan.

Terdapat beberapa cara dan metode yang bisa kamu lakukan supaya bisa meningkatkan daya ingat. Yuk, simak metode berikut ini.

  1. Mencatat Informasi Penting Saat Membaca

     Ketika membaca seringkali kita menemukan suatu informasi penting yang seharusnya kita catat, catatan ini bisa ditulis di secarik kertas, aplikasi notes atau catatan pada ponsel, tablet, dan lain sebagainya, dengan tujuan agar kita tidak mudah lupa tentang informasi penting dalam topik yang kita baca.

  1. Membacanya Secara Berulang

     Cara mengingat dengan cepat yang kedua yaitu dengan membaca suatu topik secara berulang. Membaca buku yang sama berulang kali bisa mengembangkan kemampuan otak kita. Kita bisa memahami arti dari kata-kata baru karena kita membaca kata itu berulang kali.

  1. Membaca di Tempat yang Sepi

     Selain kita harus membacanya secara berulang, sebuah topik materi akan lebih cepat terserap masuk ke dalam otak jika kita membacanya di tempat yang sepi dan tenang. Selain itu, dibutuhkan juga cahaya yang cukup agar dapat berkonsentrasi dengan baik.

  1. Memakan Makanan yang Bergizi.

     Memakan makanan yang bergizi khususnya makanan yang mengandung omega 3 seperti minyak ikan, dapat membantu kamu dalam mengingat, lho. Omega 3 dalam minyak ikan bermanfaat untuk mencegah gangguan daya ingat serta membantu untuk menjaga kesehatan membran sel-sel otak.

  1. Minum Air Yang Cukup. 

     Dehidrasi menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh dan menyebabkan disfungsi otak. Salah satunya adalah berkurangnya daya tangkap kita untuk mengingat sesuatu. Hal ini dapat dihindari dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Kandungan air yang wajib dikonsumsi yaitu sekitar 230 mililiter atau 2 liter perhari. 

  1. Meditasi dan Tidur Yang Cukup

Meditasi bisa meningkatkan fungsi otak untuk mengingat dalam jangka pendek maupun panjang. Mereka yang sering bermeditasi memiliki otak yang lebih sehat, sehingga untuk menghafal sesuatu pun jadi lebih mudah. Selain meditasi, waktu tidur juga berpengaruh dalam meningkatkan kinerja otak dalam mengingat. terapkan pola tidur yang sehat agar kamu bisa mengingat segala informasi yang sudah dihafal sebelumnya. Untuk orang dewasa, usahakan tidur sekitar 7-9 jam setiap malam agar fungsi kognitif otak dalam mengingat tidak terganggu. Meditasi dan waktu tidur yang cukup ini dilakukan untuk membantu kamu menjernihkan pikiran agar lebih mudah dalam mengingat suatu hal.

     Itu dia beberapa cara jitu untuk memperkuat daya ingatanmu, tentu saja semuanya itu tidak akan berjalan sesuai rencana jika tidak dilakukan secara rutin ya, sobat Ketik. Tetap latih otakmu dan jaga pola makan serta minum air yang cukup, ya!

Teks: Febrinka Dea Widiasti

Editor: Bella Nurmaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts