Follow

Charging Handphone sambil Dimainkan Berbahaya, Ternyata Cuma Mitos?

Baterai adalah salah satu komponen yang penting dalam bagian handphone. Tanpa sebuah baterai, handphone tidak akan bisa hidup dan digunakan seperti bagaimana fungsinya. Daya tahan baterai juga berbagai macam, tergantung dengan kapasitasnya. Ada banyak varian yang ditawarkan, mulai dari 3000 mAh sampai dengan 10000 mAh. Semakin besar kapasitasnya, semakin lama juga daya tahan baterainya.

Namun karena beberapa kebiasaan, baterai juga bisa berkurang seiring berjalannya waktu atau biasa dibilang bocor baterai. Salah satunya adalah menggunakan handphone saat sedang mengisi daya. Namun apakah kamu tahu kalau banyak yang mengatakan kebiasan itu berbahaya? Bukan menjadi rahasia umum kalau banyak orang yang bermain handphone sambil mengisi daya. Terkadang itu menjadi sebuah kebiasaan yang melekat dalam keseharian. Namun banyak juga orang yang melarang dan menghimbau untuk tidak melakukannya. Mereka khawatir akan timbul dampak buruk yang akan merugikan diri sendiri. Sebenarnya apa yang mereka khawatirkan?

Tidak sedikit dari handphone yang dimiliki mengalami overheat atau panas berlebih. Biasanya ini terjadi karena penggunaan prosessor atau baterai yang berlebih. Ini menjadi salah satu kekhawatiran, apalagi jika sampai meledak karena panas berlebih yang terlalu sering. Sudah banyak kasus yang diberitakan mengenai kejadian tersebut. Namun apakah ini benar dilarang atau hanya mitos?

Baca Juga: https://majalahketik.com/tips-mencegah-ketegangan-mata-akibat-layar-smartphone-dan-laptop/

Dilansir dari Xfinity, kalau menggunakan larangan handphone sambil mengisi daya hanyalah mitos. Sebenarnya tidak ada bahaya dalam menggunakan handphone saat sedang mengisi daya. Tetapi jika baterai handphone sudah sering mengalamai panas berlebih, kamu bisa melakukan pemeriksaan agar menghindari dampak buruk yang akan terjadi.

Selain itu, jika handphone mengalami panas berlebih bisa mengakibatkan kerusakan pada baterai atau komponen lain. Tidak heran jika banyak orang yang mengalami kebocoran baterai sehingga tidak bisa bertahan lama.

Penggunaan kabel charger juga harus kamu perhatikan. Pada tahun 2017 di Vietman, dilansir oleh Metro.co.uk, seorang gadis meninggal tersengat listrik ketika mengisi daya handphone dengan charger dan kabel palsu yang telah mengalami kerusakan. Maka dari itu disarankan untuk kamu menggunakan charger yang asli. Jadi pastikan alat atau charger beserta kabel yang digunakan telah dijamin keamanannya.

Bisa dikatakan, menggunakan handphone sambil mengisi daya diperbolehkan, jika keselamatannya bisa terjamin agar pengguna aman dari bahaya. Tetapi jika keadaan tidak memungkinkan, lebih baik tidak dilakukan dan biarkan baterai penuh terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts