Follow

Kenali 5 Mitos dan Fakta Seputar Puasa

Setiap umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Puasa dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, ada beberapa mitos seputar puasa yang sampai saat ini dipercaya oleh banyaknya orang. Itu sebabnya, kita harus mengenali mitos dan fakta puasa agar dapat menjalankannya dengan baik.

Berikut beberapa mitos dan fakta seputar puasa:

  1. Mitos tidak boleh melakukan olahraga saat sedang berpuasa

Banyak yang beranggapan dan menganjurkan untuk tidak berolahraga saat sedang berpuasa karena akan menyebabkan tubuh menjadi lemas karena tidak ada asupan yang masuk ke dalam tubuh. Namun faktanya, adalah kita tetap boleh melakukan olahraga dengan syarat menyesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Pilih olahraga yang ringan dan dapat dilakukan bersama-sama dengan teman, keluarga, atau pasangan agar dapat memicu semangat dan olahraga menjadi menyenangkan.

  1. Puasa membuat rentan penderita maag

Bagi penderita maag, mungkin akan mengalami kecemasan akan gejala yang dapat timbul saat berpuasa. Namun faktanya, pada saat berpuasa tidak berdampak signifikan pada gejala maag atau dispepsia selama penderita maag menjaga pola makannya. Bagi penderita maag, sebaiknya mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil tetapi tetap tinggi serat pada saat santap sahur dan berbuka puasa.

  1. Makan dengan porsi banyak saat sahur agar tidak lapar

Banyak yang menganggap pada saat sahur kita harus makan dengan porsi banyak agar pada siang hari kita tidak merasa lapar. Namun faktanya, makan dengan porsi banyak dalam satu waktu dapat meningkatkan risiko terkena diabetes hingga obesitas. Makan dengan porsi banyak tidak membuat kenyang lebih lama, melainkan membuat perut merasa tidak nyaman, dan kembung.

  1. Berbuka puasa dengan minuman dingin

Sebagian orang saat berbuka puasa, mereka lebih memilih meminum minuman dingin, seperti es buah, es teh, es kelapa dan berbagai macam minuman dingin lainnya. Hal ini dinilai akan membuat tubuh terasa segar dan kembali bugar seperti normal. Namun faktanya, tubuh perlu waktu untuk menyeimbangkan suhu air agar dapat diserap ke sel tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi air hangat agar langsung dapat diserap oleh sel tubuh.

  1. Puasa dapat menyebabkan susah fokus dan stres

Saat sedang berpuasa, dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon stres yaitu kortisol, dan mengakibatkan susah fokus dikarenakan tidak adanya asupan karbohidrat. Namun faktanya, puasa justru dapat menjaga kadar kortisol tetap normal, meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Nah, itulah 5 mitos dan fakta seputar puasa. Semoga dapat menambah wawasan Sobat Ketik, ya. Selamat menunaikan ibadah puasa untuk Sobat Ketik yang menjalankannya!

Teks: Jasmine Al Ramadhani

Editor: Meylia Putri Irawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts