Empat Penyakit yang Rawan Menyerang Mahasiswa Saat Kuliah

Halo, Sobat Ketik! Apa kabar? Tidak terasa sebentar lagi kamu akan kembali memulai perkuliahan dan juga ada mahasiswa baru yang sepertinya tidak sabar untuk ikut menyambut semester baru. Selama kamu kuliah pasti ada saja penyakit yang melekat di tubuhmu. Eh, tapi ini bukan penyakit yang biasa, lho.

Ini kebiasaan buruk mahasiswa kalau lagi kuliah. Tentunya ada saja kebiasaan dan perilaku mahasiswa yang memberikan kesan tidak baik bagi dosen, teman, maupun dirinya sendiri. Langsung aja disimak, yuk!

  1. Suka Sibuk Sendiri

Tidak sedikit mahasiswa yang sibuk sendiri kalau dosen lagi menerangkan materi atau mengajak berdiskusi. Memangnya kamu sibuk apa, sih? Sibuk ngabarin doi? Teman? Atau bias kamu? Belum tentu kamu proritasnya juga, lho. Meskipun ada yang mengalihkan perhatianmu, seharusnya kamu bisa tetap fokus selama perkuliahan. Sangat disayangkan kalau ilmu yang diberikan dilewatkan begitu saja. Nah, kalau sesi kuliah selesai, kamu sudah boleh melanjutkan dan menggantinya dengan sesi bucin atau sesi yang lainnya.

2.Sering Lupa Waktu

Biasanya kalau kamu suka lupa waktu dalam hal apa nih? Belajar? Pastinya dong. Sobat Ketik pasti mahasiswa rajin, kan? Namun, sesuatu yang berlebihan bukan hal yang baik, lho. Selain bisa menghambat kegiatan kamu yang lain, itu juga bisa membuat kamu lupa istirahat dan nantinya jatuh sakit. Apalagi di masa pandemi sekarang, daya tahan tubuh harus bisa diperkuat dan dipertahankan agar tidak terkena virus jahat. Kalau bisa atur waktu pengingat sebagai tanda untuk istirahat.

3. Copy-Paste 100%

Kebiasaan yang satu ini memang tidak untuk ditiru. Walaupun sudah jarang yang melakukan ini karena pindah haluan ke joki tugas, masih ada dosen yang menemukan kasus seperti itu. Alhasil, nilai tugas menjadi rendah dan tidak lulus dalam mata kuliah. Pastinya Sobat Ketik tidak ada yang seperti itu, kan? Kalau bisa usaha lebih dulu atau minta bantuan teman untu diajarkan, jika masih malu bisa bertanya kepada dosen.

4.Kecanduan Di Hukum Dosen

Siapa yang suka telat masuk kelas atau mengumpulkan tugas? Tapi setelah dihukum tetap melakukannya lagi, dan jadi terlihat seperti kecanduan? Selain bisa berdampak buruk ke dalam dunia perkuliahan, kebiasaan buruk yang satu ini bisa berdampak ke dunia kerja nantinya. Kalau kerja kamu yang lamban dan tidak tepat waktu, tidak butuh waktu lama untuk dapat surat peringatan atau lebih buruk lagi dikeluarkan. Mulailah berubah untuk masa depan kamu.

Baca Juga : Jelang Libur Semester, Ini Dia Produktif ala Ketik!

Nah, itu dia penyakit-penyakit yang biasanya ada disekitar mahasiswa pas lagi kuliah. Lebih baik kamu menghindari sejak awal, daripada menyesal kemudian. Tidak ada salahnya untuk mencoba untuk menjadi mahasiswa yang baik selama kuliah berlangsung. Jaga terus kesehatan ya, Sobat Ketik! Jangan lupa lakukan vaksinasi di tempat terdekat dan bisa dijangkau.

Penulis: Rafi Alvirtyantoro

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada

Total
0
Shares
Related Posts