Enam Kebiasaan Baru Menghadapi Semester Baru

Apa kabar, Sobat Ketik? Sekarang sudah saatnya memasuki semester baru nih, yang pastinya ada hal-hal baru yang akan kalian temui. Liburan yang singkat untuk melepaskan tekanan dan masalah di semester sebelumnya telah berakhir. Nah, kalian tidak mau bukan kebiasaan lama datang lagi setelah liburan ini? Maka dari itu, perubahan harus kalian lakukan untuk menyambut semester baru sebagai awal yang baru. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan baru yang bisa diterapkan untuk menghadapi semester baru di tahun baru ini, di antaranya:

Sumber : https://unsplash.com/photos/FWVMhUa_wbY

1. Kerjakan tugas lebih awal

Siapa dari kalian yang selalu mengerjakan tugas tapi dekat dengan deadline? Kebiasaan yang satu ini masih sering dilakukan oleh beberapa mahasiswa dengan alasan ingin beristirahat setelah menerima materi dari dosen. Seharusnya tugas langsung dikerjakan, agar kalian tidak memiliki beban nantinya.

2. Bertanya itu wajib

Saat kalian tidak mengerti sesuatu maka lebih baik kalian bertanya. Begitu juga saat jam perkuliahan sedang berlangsung. Jika kalian tidak mengerti tentang materi yang diberikan oleh dosen, maka kalian wajib untuk bertanya. Jangan lupa untuk mencatat serta memahami jawabannya setelah bertanya. Jika kalian masih malu untuk bertanya langsung kepada dosen, kalian bisa bertanya dengan teman yang sudah mengerti.

3. Katakan ‘Tolong’

Manusia adalah makhluk sosial, yang artinya setiap manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain. Begitu juga dengan mahasiswa, jika kalian merasa kesulitan, maka cobalah untuk meminta bantuan kepada orang lain. Jangan pernah merasa sedirian dan menunggu orang lain menolong kalian tanpa diminta.

Baca Juga: Jangan Minder! Ini 5 Alasan Pentingnya Kamu Harus Percaya Diri!

4. Istirahat yang cukup

Tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen serta kelas terkadang dilakukan di luar jam perkuliahan, tentunya sangat memakan banyak energi yang kalian punya. Tidak sedikit mahasiswa yang jatuh sakit karena kurangnya beristirahat. Oleh karena itu, gunakan waktu kosong kalian dengan sebaik-baiknya dan konsumsi vitamin yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sekarang sudah saatnya belajar untuk mengatur waktu kalian loh.

5. Mulai berhemat dan menabung

Hidup sebagai mahasiswa tentunya banyak sekali pengeluaran. Selain untuk keperluan kuliah, pastinya kalian menggunakannya untuk keperluan lain. Pintar dalam mengatur keuangan itu penting, dengan tujuan uang yang kalian punya bisa digunakan di waktu yang tepat. Jadi saat ada keperluan mendesak, kalian tidak perlu kebingungan karena sudah memiliki tabungan.

6. Berteman dengan orang baru

Semester baru telah tiba dan teman yang kalian punya hanya itu-itu saja? Memang ada beberapa orang yang memilih untuk memiliki beberapa teman saja karena masalah kecocokan. Tapi tidak ada salahnya mencoba untuk menerima teman baru, karena tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, cobalah untuk tidak menutup diri dengan orang lain dan cari teman baru. tapi ingat Sobat Ketik, jangan lupakan teman lama saat sudah menemukan teman baru.

Nah, itu dia perubahan-perubahan yang bisa Sobat Ketik terapkan dan semoga bisa membantu kalian untuk menghadapi semester baru ini. Jangan pernah menyerah dan terus semangat ya, Sobat ketik.

Penulis: Rafi Alvirtyantoro

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada

Total
0
Shares
Related Posts
Read More

Sweet Home Akan Ada Season 2, Kamu Sudah Siap?

Halo, Sobat Ketik! Selama liburan kemarin sudah nonton apa aja, nih? Pasti banyak dong, ya. Di antaranya kalian sudah nonton Sweet Home belum, sih? Kalau sudah, gimana perasaan kalian yang sudah sampai episode terakhir? Sebelumnya Ketik kasih rangkuman mengenai serial seru ini.…