Jangan Minder! Ini 5 Alasan Pentingnya Kamu Harus Percaya Diri!

Foto: pexels.com/andreapiacquadio

Majalahketik.com (16/11/2020) – Halo Sobat Ketik, bagaimana hari-harimu? Semoga selalu bahagia dan bersemangat dalam menjalani rutinitas yang ada, ya. Ngomong-ngomong soal menjalani hari, keluhan yang paling sering didengar saat berkomunikasi dengan banyak orang pasti soal percaya diri. Entah itu tentang malu berbicara di depan banyak orang atau takut akan penilaian seseorang. Walaupun begitu, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya rasa percaya diri. Berikut adalah alasan kenapa kamu harus merasa percaya diri!

1.      Mengurangi ketakutan dan kecemasan

Foto: pexels.com/snapwire

Saat merasa percaya diri, kamu melepas pikiran-pikiran negatif yang ada, misalnya “Aku pasti tidak akan bisa”, padahal mencoba saja belum. Tidak memiliki rasa percaya diri, membuatmu terbiasa memikirkan sesuatu yang cenderung merenungkan kekhawatiran. Perenungan yang berlebihan justru akan membuat rasa cemas, depresi, dan penarikan diri dari sekitar. Perlahan-lahan Sobat Ketik harus lebih percaya diri, ya, agar menghindari pemikiran-pemikiran yang berlebihan.

2.      Motivasi yang lebih besar

Foto: pexels.com/andreapiacquadio

Membangun kepercayaan yang ada di dalam diri berarti kamu harus berani mengambil langkah-langkah kecil dan tidak mudah puas akan pencapaian yang telah diraih. Saat mulai merasa percaya diri, kamu akan merasa ada banyak hal yang mendorong kemampuan untuk terus berkembang. Dengan demikian, pikiran-pikiran yang menimbulkan kekhawatiran perlahan akan tergantikan oleh keyakinan diri sehingga merasa lebih semangat untuk mengejar tujuan yang akan dicapai.

3.      Lebih Tangguh

Foto: pexels.com/andreapiacquadio

Keyakinan akan memberi keterampilan untuk menangani kemunduran dan kegagalan. Percaya diri berarti kamu yakin dapat menangani tantangan dan tidak akan mundur karenanya. Bahkan ketika apa yang sudah kamu rencanakan namun tiba-tiba tidak sama seperti realita yang ada, kamu harus bisa menghindar dari alasan menyalahkan diri sendiri.

Baca Juga : Rekomendasi Drama Korea November 2020, Penasaran?

4.      Hubungan yang lebih baik

Foto: pexels.com/buromillennial

Saat percaya diri semakin terbangun, Sobat Ketik akan merasa lebih menikmati interaksi dengan semua orang tanpa khawatir mengenai kesan apa yang akan dibuat serta tidak membandingkan diri dengan orang lain. Hal itu dapat membuat kamu berbicara santai sehingga orang lain nyaman dan terjalin koneksi yang lebih dalam. Kepercayaan diri juga bisa menumbuhkan empati yang besar sehingga dapat lebih peka akan keadaan sekitar.

5.      Rasa kuat pada diri

Foto: pexels.com/luisquintero

Intinya, rasa percaya diri akan bisa membuat kamu menjadi diri sendiri, menerima kelemahan, dan tidak membandingkan diri dengan orang lain, sehingga menjadi lebih semangat menjalani hari-hari. Semua tindakan dan prinsip akan membuat Sobat Ketik mengetahui tujuan yang dicapai. Banyak keterampilan akan muncul saat mulai mengetahui jati diri. Duniapun menjadi lebih membuka peluang, kamupun berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, itu dia manfaat dari menumbuhkan rasa percaya diri. Yuk, Sobat Ketik mulai sekarang tingkatkan rasa percaya diri agar semakin maksimal menjalani hari!

Jurnalis: Maria Alexandra Fedho

Editor: Viona Rizkia Ananda

Sumber rujukan: https://www.psychologytoday.com/us/blog/shyness-is-nice/201809/why-self-confidence-is-more-important-you-think

Total
0
Shares
Related Posts