Jelang Libur Semester, Ini Dia Produktif ala Ketik!

Majalahketik.com— Setelah berjalan 2 minggu paska Ujian Akhir Semester dan kampus mulai memasuki pekan liburan untuk 2 bulan ke depan, akhirnya kamu bisa istirahat dan tidak perlu memusingkan tugas lagi. Tentunya, Sobat Ketik telah menyiapkan begitu banyak agenda kegiatan atau bahkan hanya ingin tidur saja dalam rangka mengisi jam tidur yang sempat berantakan karena begadang.

Kegiatan seperti maraton film, memasak, berkebun atau bermain telah menjadi list utama kamu untuk memulai healing untuk liburan kuliah yang cukup panjang ini. Belum lagi setelah libur hari raya membuat godaan yang cukup besar untuk liburan baik itu sendiri, bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Namun seperti yang kita tahu, pandemi masih belum berakhir dan menjadi larangan pemerintah untuk pulang kampung bertemu sanak saudara. Lalu, selain kegiatan healing tadi mungkin gak sih untuk menghabiskan liburan tetap produktif dan bermanfaat?Berikut KETIK berikan saran di antaranya:

  1. Cari Tempat Magang

Magang adalah sesuatu yang sangat bermanfaat untuk dilakukan, terutama untuk kamu yang ingin mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya namun tidak mengikuti organisasi apapun di kampus, maka kegiatan ini menjadi solusi yang tepat.  Hal pertama yang harus kamu pahami ialah magang yang bukan resmi sebagai tugas dari kuliah atau magang yang kamu cari secara mandiri bersifat layaknya bekerja.  Lalu, di manakah kamu bisa mendapatkan informasi seputar lowongan magang? Ada begitu banyak platform dan sumber salah satunya adalah sosial media seperti Instagram. Kamu bisa menemukan banyak akun yang membagikan info seputar magang di berbagai tempat.

Pastikan kamu sudah siap dengan mengecek setiap syarat magang agar dapat menemukan tempat yang nyaman dan cocok untuk kamu jalani selama pandem. Ada begitu banyak lowongan magang yang sudah menerapkan sistem WFH (Work From Home) sehingga aman untuk kamu. Patuhi juga persyaratan itu dan jalankan interview dengan baik ya, Sobat Ketik!

2. Cari Kerja Sampingan

Selain mencari tempat magang sebagai alternatif berkegiatan produktif,menjadi Part Timer juga cocok untuk para mahasiswa untuk mengisi liburannya. Ada begitu banyak pekerjaan sampingan yang ringan dan cocok untuk mahasiswa, seperti yang paling dekat ialah menjadi asisten dosen, menjadi guru privat anak TK & SD, admin sosial media, tim design, content creator dan jika kamu suka menulis bisa menjadi content writer. Beberapa perusahaan start up besar juga membuka lowongan pekerjaan yang bisa kamu coba ikuti lho!

Baca Juga: https://majalahketik.com/negara-dengan-bahasanya-yang-berpengaruh-di-dunia/

3. Ikut kegiatan relawan

Menjadi relawan tidaklah asing lagi bagi para mahasiswa yang sedang dilanda liburan panjang. Kegiatan yang sangat bermanfaat dan membantu sesama ini tersebar dalam berbagai jenis, seperti relawan bantuan bencana atau relawan pengajar bahkan juga ada relawan yang keluar negeri. Selain mengisi waktu dengan produktif, menjadi relawan menjadikan kamu manusia yang membantu tanpa pamrih karena sering kali kegiatan yang dijalankan tidak mudah dan cenderung melelahkan namun tetap menambah pengalaman dan relasi yang begitu luas.

4. Menjadi freelancer

Untuk memulai ini, kamu harus mengenali dirimu dahulu yaitu pahami bagaimana keahlianmu. Jasa apa yang bisa kamu beri dan jual di dunia pekerja lepas. Lalu, mulailah mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Ada begitu banyak situs yang bisa kamu kunjungi seperti Sribulancer, Freelancer.com, Upwork, Fiverr dan lain-lain. Disaat kamu sudah menemukan pekerjaan yang sesuai, buatlah portofolio yang sesuai atau belajarlah membuat sebuah proposal yang menarik agar ada klien yang tertarik sehingga kamu mendapatkan proyek pertamamu. Ada banyak kelebihan dari kegiatan freelancer seperti kebebasan waktu, income yang bisa lebih besar dari pekerjaan fulltime, bertemu banyak klien dan melatih kreativitas.

5. Upgrade diri

Latihlah softskill-mu selama liburan untuk meningkatkan diri. Kamu bisa mulai melatih kegiatan yang kamu sukai seperti fotografi, design grafis, editing video dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mulai membaca buku non-fiksi, menonton video edukasi, belajar bahasa asing baru seperti bahasa jepang atau bahasa spanyol dan juga mempelajari  bahasa pemomgraman yang sedang ramai akhir-akhir ini. Mengurangi penggunaan sosial media, bermain permainan yang mengasah kemampuan otak seperti catur, mengikuti perkembangan peristiwa dan mendengarkan podcast atau audiobooks. Juga menjadi kegiatan yang berguna untuk meningkatkan kualitas diri kamu lho!

Masih banyak lho hal produktif lainnya yang Sobat Ketik bisa lakukan selama libur kuliah. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan ya!

Reporter : Lulu Sofiannisa

Sumber Foto : Freepik

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada

Total
0
Shares
Related Posts