Kamu Sering Makan Sambil Bermain Ponsel? Ini Bahayanya!

Asian Japanese woman has breakfast at home. Young Asia girls feeling happy using mobile phone while drink juice, corn flakes cereal and milk in bowl on table in the kitchen in the morning concept.

Halo, Sobat Ketik! Seperti yang kita tahu, ponsel merupakan benda pipih yang berperan besar bagi kehidupan. Sebagai generasi Z pun sudah terbiasa membawa ponsel di manapun dan kapanpun kita berada. Bahkan saat makan pun mata kita tak terlepas dari layar ponsel untuk melihat gambar atau putaran video pada benda pipih tersebut. Namun, apakah Sobat Ketik tahu? Ada penelitian yang mengatakan tentang bahayanya makan sambil bermain ponsel, loh!

Baca juga : Tipe-Tipe Persahabatan dari Drama Korea Reply 1988

Apa Dampak yang ditimbulkan?

Menurut studi yang dipublikasikan di Trends in Food Science & Technology, makan sambil melakukan hal-hal lain, seperti bermain HP membuat sinyal yang dikirimkan perut ke otak jadi terganggu. Gangguan ini membuat kamu sulit konsentrasi karena otak akan kesulitan menyadari sebanyak apa makanan yang sudah masuk ke tubuh.

Kebiasaan bermain HP selama waktu makan membuat kamu seringkali lupa dengan porsi makanannya. Bisa jadi makan kebanyakan dan akhirnya menyebabkan obesitas. Saat makan sambil melakukan hal lainnya, kamu akan lebih fokus ke aktivitas yang menyenangkan seperti menatap layar HPmu. Hal ini terjadi karena kamu akan lebih memperhatikan apa yang ada di layar ketimbang makanan yang kamu santap.

Seringkali saat kamu menonton film dari ponselmu, terdapat iklan yang menayangkan makanan-makanan cepat saji yang kurang sehat bagi tubuh. Saat kamu melihat video tersebut, mungkin saja kamu akan tergiur dan merasa lapar kembali padahal kamu baru saja makan dua jam yang lalu. Hal itu membuatmu ingin segera memakan makanan tersebut yang sudah jelas jika makanan cepat saji tidak dianjurkan untuk menjadi menu utaman makanan harian.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pada awal permulaan, akan terasa sulit jika tak memegang ponsel sama sekali. Untuk menghindari hal ini, cobalah melakukannya secara bertahap. Perlahan, kurangi waktu penggunaan ponselnya. Kamu bisa mengalihkan bermain ponsel atau menonton video dengan mendengarkan musik atau podcast dari ponselmu.

Tetapkan waktu kapan kamu akan sarapan, makan siang, atau makan malam. Selain menetapkan waktu makan yang jelas, tetapkan juga durasi makan. Setelah makan barulah kamu bisa memainkan ponselmu kembali.

Taruh ponselmu ketika makan bersama teman-teman, ajak temanmu bercerita atau diskusikan beberapa hal agar kamu tidak terpaku dengan benda pipih di samping makananmu.

Teks: Febrinka Dea Widiasti

Editor: Anis Salamah

References

Alfon, K. (31 Mei 2022). 6 Alasan Main Hp Sambil Makan Ternyata Kebiasaan yang Buruk. popmama.com.

Hasibuan, L. (17 May 2022). Makan Sambil Main HP Bisa Bikin Perut Buncit, Kok Bisa? CNBCIndonesia.com.

Total
0
Shares
Related Posts