Kebangun Jam 3 Pagi Gak Ada Kaitannya Sama Mistis, Ini Menurut Medis

Halo, Sobat Ketik! Kamu pernah gak sih kebangun pada tengah malam? memang sangat menyebalkan jika hal itu terjadi. Keadaan ini memang menjadi salah satu keluhan yang sering membuat kita lelah dan tidak bugar di keesokan harinya. Namun, sangat sering beredar di media sosial kalau hal ini terjadi karena adanya gangguan mistis.

Ternyata setelah melakukan beberapa pencarian, anggapan mistis itu hanyalah mitos loh Sobat Ketik! Bangun tengah malam bukanlah hal yang aneh. Kebanyakan orang bahkan kebangun beberapa kali pada malam hari tanpa mereka sadari karena mereka ketiduran lagi dalam waktu yang singkat.

Sebenarnya terbangun di tengah malam bisa jadi bagian dari siklus tidur yang wajar ya, Sobat Ketik. Meski begitu, sebagian orang sulit untuk kembali tertidur setelah terbangun di tengah malam. Menurut penjelasan secara ilmiah, saat kamu kebangun sekitar jam 3 pagi, itu artinya kamu sedang mengalami yang namanya siklus Rapid Eye Movement (REM). Waduh, secara harfiah artinya “pergerakan mata cepat”, dong? Kesannya malah tetep serem ya Sobat Ketik.

Baca Juga: Kecanduan Bermain Gadget? Berikut Dampaknya

Tetapi tenang, faktanya gak ada serem-seremnya sama sekali kok! Dirangkum dari berbagai sumber, para pakar mengatakan bahwa hal ini terjadi karena saat tidur, tubuh kita sudah benar- benar dalam keadaan rileks dan jantung sudah berdetak dengan irama yang stabil. Tetapi, karena kita terbangun dengan sendirinya, jantung kita menjadi berdetak lebih cepat dari sebelumnya. Itu hal yang biasa dan sangat normal.

Dilansir dari laman healthcare, ada banyak alasan mengapa kamu terbangun jam 3 pagi. Bisa saja kamu sering kebangun karena sedang merasa stres atau sebagai salah satu tanda insomnia. Mungkin sulit untuk mengidentifikasi penyebab dari gangguan tidur yang ganggu banget kaya gini, tetapi ini beberapa alasan yang mungkin menyebabkan kamu kebangun jam 3 pagi.

  1. Stres

Stres mungkin menjadi hal pertama yang perlu kamu tanyakan ke diri kamu sendiri jika terbangun jam 3 pagi adalah hal baru buat kamu. Ketika merasa stres, tubuh akan mengaktifkan gejala saraf simpatik. Itu yang membuat seseorang tersentak saat bangun di tengah malam.

2. Insomnia

Insomnia adalah kondisi yang jadi indikator kamu mengalami kesulitan buat tidur lagi usai kebangun di tengah malam secara teratur. Ini adalah masalah yang umum terjadi pada sebagian besar penduduk bumi.

3. Penuaan

Penuaan punya peran besar dalam siklus tidur seseorang. Ketika kamu bertambah tua, siklus tidur kamu pasti berubah. Di titik ini, mungkin bahkan kamu bakal mengonsumsi obat yang bisa mengembalikan pola tidur kamu yang udah rusak. Mungkin pula mempertimbangkan kondisi lain yang memengaruhi jam tidur.

Jadi begitu Sobat Ketik, lain kali kalau kamu terbangun sekitar jam 3 pagi, jangan berpikiran tentang hantu atau makhluk halus lainnya, ya. Itu semua sebenarnya terjadi karena respons alami tubuh kita aja, kok!

Editor: Maria Alexandra Fedho
Total
0
Shares
Related Posts