Kecanduan Bermain Gadget? Berikut Dampaknya

Kita tahu bahwa gadget atau gawai adalah barang yang sangat di perlukan untuk menunjang aktivitas dan mencari hiburan, tetapi banyak masyarakat yang menggunakanya dengan berlebihan, yang berakibat fatal dan akhirnya kecanduan, sehingga dampaknya bisa mempengaruhi pertumbuhan dan psikologis. Padahal penggunaan gawai dapat dimanfaatkan secara seimbang.

Kecanduan gawai kebanyakan disebabkan karena tontonan, permainan, atau bahkan fitur menarik lainnya yang sering digunakan dan mudah diakses melalui internet. Orang yang kecanduan gawai bisa dikatakan ketika waktu yang mereka miliki dihabiskan untuk menggunakan barang elektronik seperti, smartphone, laptop, tablet ,dan portable gaming device.

Berikut dampak kecanduan bermain gawai yang bisa berakibat fatal jika terus di lakukan:

  • Masalah Mental

Kecanduan gawai bisa menggangu kesehatan mental, ini dibuktikan dengan adanya efek samping penggunaan gawai berlebihan seperti, gangguan kecemasan, risiko depresi, dan perilaku masalah lainnya. Masalah mental juga mempengaruhi proses bersosialisasi seseorang dengan lingkungan sekitar, mulai dari keluarga, teman dekat, hingga masyarakat.

  • Gangguan Pada Mata

Sasaran yang paling utama ialah indra penglihatan, yaitu mata. Gangguan pada indra penglihatan ini dapat terjadi jika terlalu lama menatap layar smartphone ataupun laptop. Sehingga timbulah gangguan seperti mata lelah, mata kering, ataupun gangguan penglihatan lainnya.

Baca Juga : Indonesia Sering Terjadi Gunung Meletus? Berikut Penjelasannya

  • Kurang Tidur

Manusia butuh waktu tidur yang cukup, agar bisa melakukan aktivitas keesokannya lebih bugar, namun akibat dari kecanduan gawai dapat menyebabkan kurangnya porsi waktu tidur. Kondisi ini tidak boleh dianggap sebelah mata, sebab kurang tidur bisa menggangu aktivitas sehari-hari yang dapat menimbulkan sakit, risiko cedera, dan kecelakaan saat bekerja ataupun menyetir.

  • Sulit Berkonsentrasi

Ketika belajar ataupun bekerja, pasti kita membutuhkan fokus dan konsentrasi yang optimal untuk melakukannya. Penggunaan gawai yang berlebihan dapat menyebabkan kurangnya daya konsentrasi yang mengakibatkan aktivitas menjadi tidak efisien dan kondusif.

  • Nyeri Di bagian Tubuh Tertentu

Kecanduan bermain gawai, dapat menyebabkan nyeri di bagian tubuh tertentu, misalnya nyeri pinggang akibat terlalu lama duduk, nyeri leher karena sering dalam posisi menekuk, dan nyeri pada jari-jari tangan akibat berlebihan mengetik di layar. Hal seperti ini dapat mengakibatkan kesehatan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit seperti nyeri leher, nyeri bahu, hingga dapat terkena osteoporosis.

  • Obesitas

Kecanduan gawai juga bisa membuat seseorang terkena obesitas atau kelebihan berat badan, sebab asyik dan terlalu lama bermain gawai yang membuat seseorang tersebut mempunyai ruang gerak yang cukup sempit atau sedikit, sehingga sering hanya melakukan posisi duduk dan berbaring.

Reporter : Dhimas Yoga Kusuma

Editor : Asih Munggarani

Total
0
Shares