Kolaborasa Vol. 2: Memperkenalkan Kembali Makanan Khas Indonesia

Pada Senin (14/11/2022), himpunan mahasiswa dari program studi seni kuliner Polimedia telah melaksanakan salah satu program kerja bernama Kolaborasa yang diselenggarakan di hall gedung E Polimedia. Tema festival Kolaborasa pada tahun ini adalah nusantara in love yang menyediakan banyak makanan daerah khas Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Kebudayaan Betawi Melalui Pameran 10 Siklus Kehidupan Masyarakat Betawi

Nusantara in Love

Acara ini memiliki tujuan memamerkan apa yang telah didapatkan selama perkuliahan. Festival ini juga mendukung kewirausahaan mahasiswa seni kuliner, hal tersebut ditunjukkan melalui enam stand yang tersedia. Salah satu stand berisi produk dari himpunan mahasiswa seni kuliner, sedangkan lima stand lainnya menggambarkan tema yang diambil dan mewakili pulau besar yang ada di Indonesia, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

“Dimana melalui Nusantara in love kita pengen ngasih tahu nih ke teman-teman Polimedia semuanya, kalau makanan di Indonesia itu banyak yang enak. Enggak kalah dengan makanan-makanan yang lagi trend sekarang,”

jelas ketua pelaksana Kolaborasa vol. 2.

Selain panggung dan stand yang menjadi pusat kegiatan acara, ada juga pameran display di tengah festival yang menampilkan makanan daerah mewakili lima pulau besar tadi. Ada bika ambon, pempek, rendang, batagor, bubur sumsum, nasi pecel sayur, bangka barandam, ayam cincane, hekeng, iga konro, gogoso, es pisang ijo, kue lontar, abon gulung, dan papeda. Melalui display tersebut juga dijelaskan tentang sejarah makanan yang ditampilkan.

Kemeriahan Festival Kolaborasa

Acara dimulai dengan pemotongan pita oleh direktur Polimedia dan dilanjutkan sambutan oleh ketua pelaksana, ketua himpunan, direktur, serta kaprodi seni kuliner.

Selain menampilkan karya dan bakat kewirausahaan mahasiswa seni kuliner, ada juga penampilan acara hiburan yang berhubungan dengan tema nusantara. Mulai dari penampilan tari tradisional tradisional oleh UKM Trada, menyanyikan lagu daerah oleh UKM Nomina, pentas bahasa daerah, hingga penampilan teater legenda Lutung Kasarung dan musik band oleh UKM Kompeni,

Perwakilan mahasiswa seni kuliner juga menampilkan demo masak dan racik minuman yang ditampilkan secara langsung. Menu yang dipilih adalah cumi balakutak dari Cirebon dan bir pletok asal Jakarta.

Ketua pelaksana acara ini juga sempat menyampaikan harapan dari acara tersebut,

“Harapan aku buat mahasiswa setelah acara ini makin tahu lagi karya-karya dari teman kuliner. Kemudian juga biar lebih tahu makanan-makanan di Indonesia itu ada apa saja dan lebih mencintai produk-produk lokal.”

Reporter: Adinda Balqis Yuswadi & Anis Salamah

Teks: Adinda Balqis Yuswadi

Editor: Nurlaeli Aida

Foto: Benhur Parasian

Total
0
Shares
Related Posts