LDK Dipercepat, Mahasiswa Baru Harus Bersiap

Porseni 2018

Gerbang PolimediaTidak ingin berujung seperti ospek, PoliMedia membuat program baru yang lebih kekeluargaan yang dilakukan sebelum jadwal perkuliahan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan LDK akan diadakan sebelum jadwal masuk kuliah. Nanda Juliansyah, selaku Ketua MPM dan ketua dari acara LDK mengkonfirmasi bahwa benar LDK diadakan pada saat liburan. Sebelumnya, LDK diadakan dua minggu atau satu bulan sesudah masuk perkuliahan. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, seperti persiapan dan materi yang memakan waktu. Persiapan untuk LDK memang sedikit mengganggu jadwal perkuliahan para mahasiswa baru (maba) sehingga diputuskan LDK dipercepat agar tidak mengganggu perkuliahan. Sebenarnya tidak hanya LDK saja yang dipercepat, tetapi semua kegiatan orientasi dilakukan sebelum masuk perkuliahan.

            Untuk masalah para maba yang belum mengenal para seniornya dengan baik, Nanda berkata bahwa saat PSP nanti akan ada acara “Hari HIMA” dan para maba akan diperkenalkan dengan senior atau panitia penyelenggara LDK sesuai dengan jurusan dan prodi masing-masing. Selain itu, dengan adanya jarak dua minggu antara PSP dan LDK, para HIMA bisa melakukan perkenalan dengan juniornya, seperti melakukan kuliah umum atau pembagian materi.

Untuk konsep LDK, keputusannya tergantung dari HIMA masing-masing prodi sehingga jatuhnya teknis. MPM hanya menerima laporan tentang konsep apa yang akan dilakukan masing-masing Ketua HIMA dan mengajukan SOP sehingga konsep LDK masing-masing prodi berbeda.

Perizinan pelaksanaan LDK yang dipercepat ini sudah dikantongi tim pelaksana. LDK sendiri merupakan program dari Wadir III yang ditender oleh mahasiswanya, yaitu HIMA. Untuk perizinan kepada orangtua maba, Nanda mengatakan itu adalah urusan dari HIMA masing-masing prodi dan jurusan. Kemungkinan sama seperti tahun kemarin dengan menyebarkan surat izin kepada orangtua maba, tetapi hal ini masih belum dipastikan.

Awal berdirinya LDK adalah karena menurut Nanda, acara seperti POP atau sejenisnya berujung menjadi ospek sehingga membuat maba menjadi takut. Namun, tahun ini PoliMedia ingin membuat acara dengan konsep kekeluargaan dan output yang jelas.

Jadi, para maba tidak perlu takut untuk mengikuti LDK ini karena dengan acara ini kalian dapat lebih dekat dengan teman-teman serta para senior.

 

Jurnalis: Aulia Medina

Editor: Minawati Nur Kustika

Total
0
Shares
Related Posts