Follow

Berhenti Menjadi People Pleaser dengan 5 Cara Ini!

Berhenti Menjadi People Pleaser dengan 5 Cara Ini!

Menurut seorang Ilmuwan Amerika Serikat, Susan Newman. People Pleaser adalah seseorang yang selalu menempatkan kepentingan orang lain, sebelum kepentingan dirinya sendiri. Sekalipun permintaan tersebut memberatkan atau tidak disukai, dirinya akan tetap mengatakan iya karena berbagai alasan.

Tentunya, ada dampak negatif yang akan ditimbulkan dari seorang people pleaser. Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan oleh PARAPUAN dengan melibatkan 328 responden. Sebanyak 75 persen dari mereka yang merasa seorang people pleaser adalah memiliki perasaan dimanfaatkan orang lain, sedangkan 51 persen lain lebih memilih memendam perasaannya, dan 48 persen lainnya sulit mengutarakan perasaannya. Masih dalam survei yang sama, 39 persen responden people pleaser selalu merasa cemas dan stres, dan 35 persen dari responden akhirnya merasa jika pendapat mereka kurang didengar.

Berikut 5 tips yang bisa kamu coba untuk berhenti menjadi people pleaser, Sobat Ketik!

  1. Hargai perasaan mereka dan sampaikan dengan baik

Salah satu kunci dalam menolak permintaan dengan sopan adalah dengan menghargai perasaan dan usaha orang lain. Meskipun sulit bagi mereka untuk menerima penolakan, menyampaikan dengan cara yang baik dapat membantu mereka lebih memahami alasan di balik penolakan tersebut. Berbicara dengan nada yang lembut dan menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung adalah hal penting untuk tetap menjaga hubungan yang baik dengan orang lain.

  • Jelaskan alasan menolak dengan tulus

Ketika menolak permintaan, penting untuk memberikan penjelasan yang jelas dan tegas. Jangan biarkan orang lain bertanya-tanya mengapa permintaan mereka ditolak, sampaikan secara jujur, hindari menggunakan bahasa yang menyinggung atau merendahkan. Dengan begitu, orang lain akan memahami bahwa penolakan itu bukan karena tidak menghargai mereka, tetapi lebih karena situasi atau kondisi tertentu.

  • Membuka diri dengan reaksi mereka

Kita harus membuka diri untuk mendengarkan reaksi dan perasaan orang lain. Terkadang penolakan dapat mengecewakan atau membuat orang lain merasa tidak dihargai, sebagai teman atau kolega yang baik, penting untuk memberikan dukungan emosional dan mengakui perasaan mereka. Cobalah untuk bersikap empati dan memahami bahwa penolakan dapat menjadi hal yang sulit untuk diterima.

  • Tidak perlu merasa bersalah

Beberapa hal bukan serta merta menjadi kewajiban dan tanggung jawab kamu untuk menerimanya. Ingatlah, bahwa kita juga memiliki hak untuk memprioritaskan diri sendiri dan menjaga keseimbangan hidup. Menolak permintaan tidak membuat kita menjadi orang yang tidak baik atau tidak peduli, sebaliknya, itu adalah tindakan yang dewasa dan bijaksana.

  • Pahami batasan orang lain terhadapmu

Jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan atau keinginan kita hanya karena takut mengecewakan orang lain. Dengan memahami batas diri sendiri dan berbicara secara jujur, kita dapat menghormati diri sendiri dan juga orang lain.

Demikian beberapa cara agar kita bisa berhenti menjadi people pleaser, karena pada dasarnya kita harus memprioritaskan diri kita sendiri terlebih dahulu dibandingkan orang lain. Jangan lupa untuk diterapkan ya, Sobat Ketik!

Sumber :

  1. Sumber (artikel) hellosehat, Kemenkes RI. (2022). Berhenti Jadi Orang yang ‘Ngga Enakan’ dan Bahagiakan Diri Sendiri Lewat 4 Cara Ini”. Diakses pada 21  Februari 2024 dari https://hellosehat.com/mental/stres/orang-nggak-enakan-people-pleaser/
  2. Sumber (artikel) banyumasterkini. (2023). “6 Tips Supaya Kamu Berani Menolak: Cocok Buat Kamu People Pleaser untuk Menghilangkan Kebiasaan Gak Enakan!”. Diakses pada 21 Februari 2024 dari https://www.banyumasterkini.com/kesehatan/6499660622/6-tips-supaya-kamu-berani-menolak-cocok-buat-kaum-people-pleaser-untuk-menghilangkan-kebiasaan-gak-enakan?page=5
  3. Sumber (artikel) rencanamu. (2016). “Jangan Mau Jadi People Pleaser dan Terus Menerus ‘Ngga Enakan’!”. Diakses pada 21 Februari 2024 dari https://rencanamu.id/post/sudut-pandang/jangan-mau-jadi-people-pleaser-dan-terus-menerus-nggak-enakan
  4. Sumber (artikel) parapuan. (2021). “Berani Bilang Tidak dan 5 Cara Agar Tidak Menjadi People Pleaser”. Diakses pada 21 Februari 2024 dari https://www.parapuan.co/read/533006915/berani-bilang-tidak-dan-5-cara-agar-tidak-menjadi-people-pleaser?page=3

Teks : Muhamad Rifki Saputra

Editor : Alma’arief Assajjad Syamsoeddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts
Read More

Sweet Home Akan Ada Season 2, Kamu Sudah Siap?

Halo, Sobat Ketik! Selama liburan kemarin sudah nonton apa aja, nih? Pasti banyak dong, ya. Di antaranya kalian sudah nonton Sweet Home belum, sih? Kalau sudah, gimana perasaan kalian yang sudah sampai episode terakhir? Sebelumnya Ketik kasih rangkuman mengenai serial seru ini.…