Mahasiswa PoliMedia PSDKU Makassar Berhasil Meraih Juara 1 Jambore Fotografi 2022 Kategori Sport Photography

Sumber: Instagram @kozazisafar
Sumber: Instagram @kozazisafar

Majalahketik.com (14/06/2022) – Mahasiswa PoliMedia PSDKU Makassar, Muh. Alwi Kozazi Safar berhasil menjuarai lomba Jambore Fotografi 2022 dalam kategori sport photography yang dilaksanakan secara luring pada 26 – 27 Maret 2022 di Pulau Khayangan, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Melalui Instagram @jamborefotografi pada Kamis, (10/04/2022) Kozazi diumumkan meraih juara 1 Lomba Jambore Fotografi dalam kategori sport photography. Kozazi berhasil unggul atas peserta lain yang mendaftar pada kategori sport photography. “Enggak menduga bisa menang, karena peserta-peserta yang lain lebih lengkap alatnya. Mereka juga rata-rata fotografer profesional,” ungkap Kozazi.

Jambore Fotografi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar sebagai sarana untuk edukasi, pengembangan kompetensi fotografi dan bagian dari upaya Pemerintah Kota Makassar dalam mengembangkan potensi industri kreatif pada bidang fotografi di Kota Makassar. 

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, namun sempat tertunda saat pandemi Covid-19. Setiap tahunnya, Jambore Fotografi melaksanakan kegiatan ini di pulau yang berbeda-beda. Jambore Fotografi 2022 dilaksanakan di salah satu pulau eksotis di Makassar yakni Pulau Khayangan. Kegiatan Jambore Fotografi dilaksanakan selama dua hari satu malam dengan berbagai rangkaian kegiatan.

Untuk lomba Fotografi, terdapat tiga kategori yang dilombakan, di antaranya kategori sport, fashion, dan paraga. Selain perlombaan, diadakan pula kegiatan workshop, yakni workshop freelance photographer, workshop commercial photography, serta workshop wedding photography. Kegiatan ini dibuka untuk umum tanpa dipungut biaya.

Kozazi mengirimkan tiga karya foto terbaiknya yang dibagikan melalui Instagram pribadinya @kozasisafar dengan objek foto yang berbeda-beda. Foto pertama adalah foto seorang wanita yang tengah melakukan pemanasan atau streching, pada foto kedua terdapat dua orang atlet karate yang sama tengah melakukan shuto uke, dan foto ketiga adalah seorang atlet karate yang tengah melakukan tendangan dolyyo chagi. Dari ketiga foto tersebut, foto kedua berhasil menyabet juara 1 pada kategori sport.

Sebelumnya, Kozazi mengaku tidak pernah mempelajari mengenai fotografi. Namun, Kozazi memiliki hobi traveling yang mana setiap perjalanan travelingnya Kozazi suka dan terbiasa mendokumentasikannya. Dari pengalamannya, Kozazi semakin memahami mengenai fotografi hingga videografi. Kozasi juga mengaku Jambore Fotografi adalah kali pertama untuk Kozazi dalam mengikuti lomba fotografi. Lomba ini pun diikuti Kozazi berdasarkan rekomendasi dari dosen mata kuliah fotografinya.

Dalam hal ini terdapat sebuah fakta menarik terungkap, Kozazi mengungkapkan bahwa sejak awal hingga akhir kegiatan Kozazi tidak mengetahui jika hal yang dilakukannya adalah sebuah perlombaan, melainkan menganggap hanya kegiatan Jambore saja. “Sebelumnya saya enggak yakin saya dapat juara, saya tidak tahu jika ini lomba, yang saya tahu sampai selesai kegiatan itu jambore,” ungkap Kozazi.

Kozazi juga mengaku mengetahui kabar kemenangannya dari teman-teman yang mengucapkan selamat via pesan pribadi kepadanya. Kozazi yang baru pulang mendaki saat itu merasa sangat senang dan semakin bersemangat untuk terus berkarya.

Teks: Bella Nurmaya

Editor: Muhammad Yazid

Total
0
Shares
Related Posts