Follow

Pojok Bacaan Gratis di Stasiun Jakarta Kota dan Bogor

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kini sediakan pojok baca di Stasiun Bogor agar penumpang bisa membaca buku secara gratis di stasiun tersebut. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara KCI dengan Kompas Gramedia. Untuk mendukung pengembangan literasi, Gramedia, Popo Mangun, KCI meluncurkan kegiatan ”Baca Buku di KRL”. Pengguna kereta rel listrik (KRL) bisa membaca buku cetak ataupun digital secara gratis di pojok baca yang tersedia di Stasiun Bogor.

Buku bacaan diletakan di atas rak yang terdapat tulisan “BACA BUKU DI KRLini didesain oleh seniman Popo Mangun. Warna yang saling bertabrakan (kontras) seperti biru, kuning, dan oranye diaplikasikan ke rak buku tersebut, sehingga menghasilkan perpaduan yang eye catching. Garis-garis yang digunakan juga mengusung konsep natural sehingga banyak garis melengkung.

Saat ini, ada 300 buku fisik dari berbagai genre yang tersedia di rak. Selain itu, masyarakat juga bisa memindai kode QR yang tertera untuk mendapatkan akses gratis 500 buku dalam aplikasi Gramedia Digital selama satu hari. Masyarakat boleh mengambil buku itu, membaca di kereta, lalu mengembalikannya saat tiba di stasiun tujuan. Sementara itu, buku digital tersedia untuk diakses selama satu hari. Untuk tahapan selanjutnya, fasilitas baca buku gratis tersebut akan tersedia di seluruh jaringan stasiun KRL.

“Bila kegiatan ini didukung dan disambut baik masyarakat, kami siap berkolaborasi dengan lembaga dan instansi lain untuk bersama-sama menyebarluaskan virus cinta membaca di seluruh Nusantara,”

– Pungkas Sugiarto, Digital Marketing & Director PT Gramedia

Baca Juga: Sosok Pahlawan Indonesia yang Masuk Perayaan Internasional UNESCO

Program pojok baca ini bukan hanya terletak di Stasiun Bogor saja, juga terdapat pojok baca di Stasiun Jakarta kota. karena jalur Bogor-Jakarta kota merupakan jalur tersibuk setiap harinya, untuk meningkatkan literasi masyarakat PT KAI akhirnya berkolaborasi dengan Gramedia yang menghasilkan program tersebut.

Adapun kegiatan Baca Buku di KRL merupakan bagian dari “Gerakan Nusa Membaca” yang dicanangkan sejak awal 2024, bertepatan dengan momen perayaan lima puluh tahun Gramedia berkiprah. Selain bekerja sama dengan KAI, kegiatan Baca Buku di KRL juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas pencinta buku.

Teks: Okky Tri Nugroho

Editor: Abi Rama Wicaksono

Foto: Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts