Follow

Ruth: Nirmana Dwimatra, jadi Gerbang Masuk Industri Konten Kreator

Ruth k adalah salah satu Konten Kreator terkenal di Tiktok dengan nama akun @_ruthk. Wanita yang mempunyai nama asli Ruth Kerenhapukh Kumala ini masih menempuh studinya di PoliMedia sebagai mahasiswi Desain Mode semester 6.

Ruth memulai perjalanannya sebagai Konten Kreator semenjak dirinya menginjak bangku semester 1. Semua bermula saat Ruth mendapat tugas Nirmana Dwimatra yang menurutnya unik dan jarang diketahui orang. Ruth kemudian mendokumentasikan proses pembuatan tugasnya tersebut, kemudian dia unggah ke TikTok. Tanpa disangka unggahanya tersebut mendapat respon postitif dari penonton. Beberapa penonton bahkan penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Nirmana.

Tak hanya di TikTok, Ruth juga aktif mengunggah konten di Instagram dengan akun @ruthk__. Namun, terdapat perbedaan unggahan antara TikTok dan Instagram. Jika di TikTok Ruth  membagikan konten daily life dalam bentuk story telling, di Instagram ia lebih sering membagikan konten aesthetic ala gen z seperti video Mix and Match baju tanpa voice over.

Baca Juga: Berbagi Kebaikan, Rangkul Kebahagiaan bersama AMUBA 11

Selama menjadi Konten Kreator, Ruth bebrapa kali berkesempatan untuk bekerjasama dengan brand besar seperti Gojek dan Brother Indonesia. Ruth juga mengatakan adanya perubahan signifikan sebelum dan setelah menjadi Konten Kreator.

“Mungkin jadi banyak brand yang approach aku untuk kerjasama, terus jadi bisa kenal sama temen-temen Konten Kreator lain dan bisa bangun koneksi,”

pungkas Ruth dalam wawancaranya bersama Ketik.

Menurutnya, tantangan terbesar yang ia hadapi selama menjadi Konten Kreator adalah membagi waktu antara kuliah, magang, dan membuat konten. Seringkali dirinya kewalahan dengan jadwal yang padat. Namun, saat ini ia sedang fokus untuk menyelesaikan magang dan kuliahnya. Membuat konten hanya ia lakukan pada waktu senggang. Ia juga berencana memperluas jangkauan penontonnya dengan mengunggah konten vlog travelling ke Youtube.

Konsisten dengan konsep ART dan tugas kuliah membuat Ruth mampu bertahan di industri ini selama kurang lebih 3 tahun. Uniknya, meski sudah sering ditegaskan, masih banyak penonton baru yang salah mengira jurusan yang diambil Ruth, kebanyakan warganet mengira dirinya berkuliah di jurusan DKV atau seni rupa.

Saat ini ia hanya berharap bisa cepat lulus kuliah agar bisa segera menjalankan goalsnya tersebut, yaitu membuatmerek pakaiannya sendiri dan aktif membuat konten lagi.

“Nah, otomatis kalo udah lulus kan pasti udah gak ada tugas-tugas lagi tuh. hopefully aku bakal tetep ngonten di bidang yang aku suka seperti jahit-jahit baju, DIY tutorial, dan juga pengen kembangin segmen aku yang #PanduanMerayakanKesendirian, karena aku seneng banget jalan-jalan sendiri dan explore tempat terus sharing ke audience ku,”

tutupnya.

Teks: Desi Sintawati

Editor: Abi Rama Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts