Polimedia Expo 2021, Perayaan Hasil Karya Kolaborasi Antara Dosen dan Mahasiswa


Politeknik Negeri Media Kreatif pada tahun ini kembali menyelenggarakan Polimedia Expo yang berlangsung dari 3-4 Desember 2021 yang bertempat di Hall Gedung E Polimedia. Kegiatan ini digelar oleh para dosen Polimedia dalam rangka memamerkan poster hasil karya penelitian dan pengabdian masyarakat dan menampilkan karya-karya mahasiswa berwirausaha dalam program wirausaha mahasiswa vokasi. 

Direktur Polimedia, Purnomo Ananto saat membuka resmi Polimedia Expo 2021 mengatakan bahwa seluruh mahasiswa dan dosen yang ada di Polimedia harus berkolaborasi dan bersinergi dalam menghasilkan karya sesuai dengan tema yang dibawakan pada tahun ini, Collaboration And Sinergy. Terutama karya-karya, baik berupa produk maupun jasa yang berdampak bagi masyarakat luas.

“Kita sebagai makhluk sosial tidak mungkin tidak membutuhkan manusia lainnya, ini menggambarkan bahwa kita memang harus bersinergi, harus berkolaborasi. Ini juga tidak artinya kalau kita tidak melakukan upaya-upaya yang nyata.” Jelas Purnomo Ananto, Jumat (3/12/2021).

Untuk menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berdampak kepada masyarakat luas, Purnomo Ananto mengatakan, Polimedia mendorong dosen dan mahasiswa melakukan riset besar dan berwirausaha untuk menghasilkan produk-produk barang dan jasa yang berimbas kepada masyarakat.

“Karena kan penduduk kita besar dan tidak semua orang bisa melamar jadi pegawai, adanya kegiatan kewirausahaan ini agar mahasiswa dan dosen itu bisa menciptakan lapangan kerja dengan ide-ide kreatifnya, syukur bisa jadi Start-Up”. Tambahnya.

Beliau juga menambahkan, yang membedakan Polimedia Expo tahun ini dengan yang kemarin adalah tema tahun lalu lebih mengarah ke bidang grafika yakni, permesinan dan percetakan, sedangkan, tahun ini lebih menekankan ke bidang penelitian yang di mana lebih banyak memamerkan hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat 

Baca Juga : Masuk Tahap Dua, Kapan Pusgiwa Selesai?

Ketua Penyelenggara Suratni mengatakan kegiatan ini dibuka untuk umum dan bekerja sama antara lain dengan P3M (Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Program Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi dan Kemahasiswaan. Ia juga menyebutkan pameran Polimedia Expo 2021 dilakukan secara luring dan virtual dengan 19 judul penelitian dan 13 judul pengabdian  secara luring yang diadakan di Hall Polimedia Jakarta, sedangkan, yang diadakan secara virtual terdapat 24 judul penelitian dan 16 judul pengabdian.


“Pameran ini memang diadakan secara luring dan virtual, jadi kita punya PSDKU Medan dan PSDKU Makassar, dosen-dosen di sana juga peneliti dab pengabdi masyarakat jadi walaupun poster-poster mereka tidak bisa ditampilkan di sini, mereka juga bisa ikut secara daring. Penelitian-penelitian kami adalah penelitian yang berbasis produk, jadi produk-produk yang kebermanfaatannya tinggi untuk industri maupun masyarakat secara luas”. Ujarnya

Kegiatan ini juga menampilkan beberapa kegiatan menarik lainnya seperti lomba insta story di Instagram, booth UMKM baik berupa barang, jasa maupun makanan, penampilan fashion show, webinar, live music dan sebagainya.

Salah satu pengunjung, Max juga turut memberi respon positif terhadap acara Polimedia Expo 2021. Menurutnya, acara ini keren karena dapat menghasilkan karya-karya mahasiswa dan dosen dalam satu ajang pameran yang fantastis dan out of the box. Ia juga berharap kedepannya acara ini lebih meriah lagi dan dapat menampilkan karya-karya mahasiswa dari prodi lain dikarenakan tidak semua prodi unjuk gigi dalam pameran ini.

Bagi pengunjung yang tidak hadir langsung, tetap bisa mengikuti semua kegiatan secara virtual dengan mengakses kanal youtube Polimedia TV.

Jurnalis: Fathin Hilmi Muyassar

Editor: Asih Munggarani

Dokumentasi: Dhimas Yoga

Total
0
Shares
Related Posts