PoliMedia Gelar JICOMS 2022, Ajang Akademisi Berdiskusi dan Berkolaborasi

Majalahketik.com (17/11/2022) – Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia) Jakarta menggelar Jakarta International Conference on Multidisciplinary Studies towards Creative Industries (JICOMS) Tahun 2022 dengan tema Taking Collaboration of Cross-Disciplinary Research to Develop Creative Industries pada Rabu (16/11), di Ba The Margo Hotel, Depok.

Direktur PoliMedia Tipri Rose Kartika menjelaskan bahwa JICOMS 2022 adalah sebuah konferensi tingkat internasional yang baru pertama kali digelar oleh PoliMedia Jakarta tentang multidisiplin melalui kreatif industri.

“Karena kita politeknik basisnya kreatif industri, sehingga bagaimana kita membuat ilmu-ilmu sosial dan nonsosial bisa mengembangkan industri kreatif, tepatnya di Indonesia, dan juga internasional,”

jelas Tipri saat diwawancara, pada Rabu (16/11).

Baca juga : Grand Opening PEMIRA 2022: Ajang Pembukaan Pemilihan Mahasiswan Raya Polimedia

Tipri juga mengungkapkan bahwa melalui seminar internasional ini dapat mendorong industri kreatif dengan konsep triple helix, yakni kesinambungan dan kolaborasi antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana JICOMS 2022 Mawan Nugraha menyampaikan bahwa acara ini fokusnya  di bidang industri kreatif dengan beberapa subtema, seperti Learning Technology, Publishing Technology; Tourism & Creative Economics; Humanities and Applied Linguistic; Advertising & Marketing; Film, Media and Communication; Game and Aplication Design; Applied Engineering; Computing Technology; Pulp & Paper Technologies; Printing Process and Applications and Applied Physics & Chemistry.

“Tujuannya itu supaya industri kreatif di Indonesia itu lebih dikenal, lebih berdaya untuk membantu perkembangan Indonesia dari segi penerapan sumber tenaga industri kreatif, income, sosialiasi dan mendongkrak peran Indonesia di dunia global,”

tambah Marwan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya partisipan yang berasal dari akademisi, dosen, mahasiswa, dan peneliti dari berbagai macam negara, seperti Indonesia, Malaysia, Jepang, Itali, dan Azerbaijan. JICOMS 2022 ini dilaksanakan secara hybrid dengan total peserta sebanyak 63 judul penelitian dari berbagai tim yang tersebar di empat kelas, dua kelas daring dan luring.

Seminar juga dihadiri secara daring oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai pembicara utama. Selain itu juga terdapat pembicara dari negara lain, yakni Prof. Daniel Punday dari Mississippi State University USA, Prof. Yuh Wen Chen dari Dayeh University Taiwan, Ruanni Tupas dari University College London UK, dan Indra Kesuma Nasution dari ANC Japan.

Ketua dari P3M Handika Dany Rahmayanti juga mengatakan bahwa latar belakang acara ini sebagai platform untuk para dosen berbagi, berdiskusi dengan praktisi dan ahli-ahli lainnya, tidak hanya dari Indonesia, tetapi seluruh dunia. Hal tersebut juga yang membuat hasil penelitian mempunyai daya saing secara global.

Kegiatan ini terdiri dari tiga sesi, opening ceremony yang diisi oleh keynote speaker dan invited speaker, kemudian ada panel presentation di empat ruangan, dan diakhiri dengan closing ceremony.

Handika berharap seminar ini akan terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya. Walau tidak akan selesai sampai di sini, tapi perlu dipikirkan lagi luaran dari kegiatan ini. Salah satunya bekerja sama dengan European Alliance for Innovation (EAI). Artikel-artikel dan penelitian yang sudah dipaparkan dalam kegiatan JICOMS 2022 akan dipublikasikan menjadi Journal Proceeding International melalui EAI.

Teks: Lulu Sofiannisa

Reporter: Bella Nurmaya

Editor: Rafi Alvirtyantoro

Foto:  Muhammad Ilyas

Total
0
Shares
Related Posts