Semangat Kreator Muda Mengikuti PKKMB 2020 di Tengah Pandemi

Majalahketik.com(5/9/2020) – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau yang dikenal dengan PKKMB adalah orientasi di mana kreator muda Politeknik Negeri Media Kreatif mengenal sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus. Tahun ini, PKKMB diadakan secara daring dari tanggal 21-24 Agustus 2020. Tema yang diusung yaitu “Merdeka Belajar” yang merupakan visi dari Kemdikbud yang nanti akan diimplentasikan oleh kampus PoliMedia di mana mahasiswa ditargetkan untuk mengembangkan ilmu, minat, dan bakatnya sesuai dengan jurusannya.

PKKMB dilakukan secara daring melalui konferensi video Zoom serta live streaming melalui kanal YouTube PoliMedia TV yang dibantu oleh panitia dari Prodi Penyiaran.

Sebanyak 1.700 mahasiswa baru mengikuti kegiatan yang mencakup Kampus PoliMedia di Jakarta, Medan, dan Makassar. Hal ini sengaja dipusatkan pada kampus di Jakarta dengan maksud mengefektifkan PKKMB ditengah era pandemi.

Mahasiswa Baru Polimedia
Jakarta, Simbolis penyematan almet kepada mahasiswa baru oleh Direktur PoliMedia Jakarta Dr Purnomo Ananto MM. Sebagai tanda peresmian calon mahasiswa baru menjadi mahasiswa PoliMedia. Gedung E PoliMedia Jakarta. 24/08/2020

Hari pertama dibuka dengan sidang senat terbuka yang dihadiri oleh Direktur PoliMedia Dr. Purnomo Ananto, MM beserta jajarannya. Beliau memberikan pidato seputar kegiatan PKKMB. Sebagai tambahan, bahwa kegiatan belajar mengajar mahasiswa tidak akan sepenuhnya diadakan secara daring dikarenakan kebutuhan mahasiswa untuk tetap praktik di laboratorium dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Hari kedua acara diisi dengan pengenalan setiap prodi yang ada di Kampus PoliMedia. Pengenalan prodi ini dipresentasikan oleh masing-masing Kaprodi (Kepala Program Studi). Presentasi berisi pengenalan sistem pembelajaran dan peraturan yang berlaku pada masing-masing prodi.

Baca Juga : Pelantikan Ormawa 2020: Tetap Optimis di Masa Pandemi

Hari ketiga PKKMB diisi materi pendidikan kewarganegaraan dan bela negara. Materi pendidikan kewarganegaraan dibawakan oleh Dr. Purnomo Ananto, MM dan Dr. Edison Cholia, sedangkan materi bela negara menghadirkan pemateri dari Pasi Intel Yonzikon SWS, Letu Czi Widodo .

Di hari terakhir, PKKMB menampilkan campus tour PoliMedia Jakarta dengan konsep vlogging, dan juga penayangan profil UKM, BSO, dan ODD yang ada di PoliMedia.

“Seru acaranya jadi lebih santai karena daring,” ucap Dzikra mahasiswa baru Prodi Penyiaran, “Tapi mungkin akan lebih seru kalau diadakan secara offline.” Iqlima Maudy Setiawan mahasiswa baru Prodi Desain Grafis menambahkan, “Meskipun kurang dapet feel-nya, acara tidak ribet dan asik-asik saja.”

PKKMB Polimedia
Suasana para peserta PKKMB yang dihadiri dari beberapa perwakilan Program Studi. Dengan tetap menerapkan jaga jarak dan memakai masker kegiatan PKKMB berlangsung lancar. Gedung E PoliMedia Jakarta. 24/08/2020.

Pihak penyelenggara sangat mengapresiasi semangat kreator muda dalam mengikuti acara. “It was fun tapi karena pertama kali PKKMB daring jadi memang ada kesan yang lebih khusus karena kurang dapet feel-nya,” tutur Nur Akmalia, S.I.Kom., M.Med.Kom sebagai moderator. Menurutnya, meskipun peserta terbilang fluktuatif, antusiasme kreator muda dalam mengikuti PKKMB tetap luar biasa. Hal ini dibuktikan para kreator muda meng-upload foto kegiatan di akun Instagram masing-masing selama acara PKKMB berlangsung.

Sedangkan menurut Widi S, M.Pd selaku ketua pelaksana PKKMB 2020 berharap agar seluruh civitas akademika Polimedia tetap semangat belajar walaupun perkuliahan secara daring. “Semoga mereka tetap dapat menjadi insan yang inovatif dan kreatif di tengah pandemi ini serta memiliki akhlak mulia yang jarang ditemui di generasi milenial. Semangat mengubah bangsa menjadi lebih baik. Hidup mahasiswa!” pungkasnya.

 

Jurnalis: Valerizma M.S

Editor: Viona Rizkia Ananda