New Normal, Inilah Beberapa Tips yang Perlu Dilakukan untuk Kuliah Daring

Majalahketik.com (11/9/2020) – Halo Sobat Ketik, apa kabar? Tidak terasa ya sudah memasuki perkuliahan lagi, Bagaimana liburannya, asik tidak? Banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh Sobat Ketik ketika kembali mengikuti kuliah daring atau sistem e-learning di masa new normal ini. Untuk persiapan kuliah daring, kita perlu melakukan beberapa tips yang ada agar lebih nyaman dalam mengikuti kuliah tersebut. Nah, ini dia beberapa tipsnya!

1. Siapkan ruang belajar nyaman

Tips pertama yaitu kalian harus siapkan ruang belajar di rumah kalian seperti meja belajar dan kursi. Setelah itu, tatalah ruang tersebut senyaman mungkin agar saat nanti sistem kuliah daring tiba, kalian bisa langsung belajar di sana tanpa harus berpikir mau belajar dimana.

kuliah daring
Sumber: Pexels

2. Siapkan laptop/gadget serta kertas catatan dan alat tulis

Ketika kalian sedang kuliah daring, pastinya memerlukan laptop/gadget untuk membantu proses pembelajaran kuliah daring tersebut dan mengikuti arahan yang telah dosen berikan. Jangan lupa ketika dosen sedang memberi penjelasan materi, kalian catat beberapa poin penting yang perlu dicatat untuk bisa memahami materi tersebut, ya!

meja tulis
Sumber : Pexels.com

Baca Juga : Semangat Kreator Muda Mengikuti PKKMB 2020 di Tengah Pandemi

      3. Siapkan kuota internet

Ini dia yang paling penting dalam persiapan kuliah daring, yaitu kuota internet untuk bisa mengakses perkuliahan. Kan tidak enak ya lagi asik belajar, tiba-tiba kuota internet kamu habis. Untuk memudahkan mahasiswa, Kemendikbud memberikan subsidi berupa kuota internet gratis sebesar 50 GB perbulan untuk mahasiswa mengakses kuliah daring. Pihak kampus sendiri sudah meminta data para mahasiswa mulai dari tanggal 2 sampai 9 September 2020 untuk keperluan mendapatkan subsidi kuota. Semoga prosesnya tidak memakan waktu lama agar kita semua dapat menikmati kuota internet gratis tersebut.

Digital
Sumber: SMEBro

Nah itulah beberapa tips yang bisa Sobat Ketik ikuti ketika kembali menjalani perkuliahan daring di masa new normal ini. Walaupun begitu, kalian jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan menjaga kebersihan. Ketika bepergian jangan lupa selalu memakai masker dan membawa hand sanitizer. Yuk, jangan keluar rumah kecuali ada keperluan yang penting dan mendesak, dengan begitu tentunya kamu ikut membantu mengurangi penyebaran virus corona ini.

Penulis: Muhammad Thoifur

Editor: Beninda Dhiyaa Ifada